Australia Prioritaskan Buka Rute Udara untuk Tiga Negara Asia Ini

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 16:56 WIB
RETRANSMISSION TO CORRECT DATE - In this photo made from UNTV video, Scott Morrison, Prime Minister of Australia, speaks in a pre-recorded message which was played during the 75th session of the United Nations General Assembly, Friday, Sept. 25, 2020, at UN Headquarters. (UNTV Via AP )
PM Australia, Scott Morrison, memprioritaskan untuk membuka rute udara dengan tiga negara Asia (UNTV Via AP)
Canberra -

Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison, mengungkapkan bahwa pemerintahannya memprioritaskan pembukaan kembali layanan rute udara dengan tiga negara Asia. Ketiga negara itu dianggap berhasil dalam menangani pandemi virus Corona (COVID-19) yang merajalela.

Seperti dilansir Associated Press, Kamis (15/10/2020), PM Morrison menuturkan bahwa dirinya telah membahas pembukaan kembali rute udara dengan para pemimpin dari ketiga negara Asia tersebut. Ketiga negara yang dimaksud adalah Jepang, Singapura dan Korea Selatan (Korsel).

PM Morrison bahkan menggambarkan Jepang dan Korsel sebagai 'dua negara yang telah berhasil dengan sangat baik' dalam menangani pandemi Corona.

"Ada sejumlah negara yang kami amati untuk melihat apa mungkin bisa kami lakukan (pembukaan rute udara) tahun depan. Kami tidak akan terburu-buru melakukan ini," sebut PM Morrison.

Ditegaskan PM Morrison bahwa ketiga negara Asia itu 'menjadi prioritas saya saat ini terkait bagaimana kita akan mewujudkannya'.

Sementara itu, Australia akan mengizinkan wisatawan dari Selandia Baru untuk masuk tanpa karantina mulai Jumat (16/10) besok. Selandia Baru dianggap telah memberantas penularan Corona di tengah masyarakat.

Namun, otoritas Selandia Baru masih memberlakukan karantina dua pekan bagi para pelancong yang datang dari Australia.

Pada Kamis (15/10) waktu setempat, Australia melaporkan 12 kasus penularan Corona di tengah masyarakat. Masing-masing enam kasus terdeteksi di New South Wales dan Victoria -- dua negara bagian terpadat di Australia.

(nvc/ita)