International Updates

Trump Lepas Masker di Gedung Putih, Serukan Warga AS Jangan Takut Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 18:47 WIB
President Donald Trump removes his mask as he stands on the balcony outside of the Blue Room as returns to the White House Monday, Oct. 5, 2020, in Washington, after leaving Walter Reed National Military Medical Center, in Bethesda, Md. Trump announced he tested positive for COVID-19 on Oct. 2. (AP Photo/Alex Brandon)
Presiden AS Donald Trump melepas masker setibanya di Gedung Putih (Foto: AP Photo/Alex Brandon)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah tiba di Gedung Putih usai meninggalkan rumah sakit militer, tempatnya dirawat selama tiga hari karena terinfeksi virus Corona. Trump langsung melepas maskernya ketika dia berada di balkon Gedung Putih pada hari Senin (5/10) malam waktu setempat.

Diketahui bahwa Trump telah dirawat di Walter Reed Medical Center dekat Washington, sejak Jumat (2/10) waktu setempat setelah mengumumkan bahwa dirinya positif Corona.

Mengenakan setelan jas berwarna biru tua, dasi dan masker, Trump keluar dari Rumah Sakit Militer Walter Reed sambil mengepalkan tinjunya.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Selasa (6/10/2020):

- Lepas Masker Setibanya di Gedung Putih, Trump Tuai Kecaman

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, menuai kecaman setelah melepas maskernya saat tiba di Gedung Putih, usai beberapa hari dirawat di rumah sakit akibat positif virus Corona (COVID-19). Politikus Partai Demokrat menyebut aksi Trump itu menunjukkan kegagalannya memimpin AS.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (6/10/2020), Trump diketahui berulang kali mengabaikan panduan social distancing yang dimaksudkan untuk mengendalikan penyebaran Corona. Bahkan dalam debat calon presiden (capres) pada 29 September lalu, Trump mengejek Joe Biden yang memakai masker di setiap acara yang dihadirinya, bahkan ketika posisinya jauh dari orang lainnya.

Keputusan Trump, yang masih positif Corona, untuk mencopot masker yang dipakainya saat menaiki tangga South Portico di Gedung Putih pada Senin (5/10) malam waktu setempat -- meskipun saat itu dia jauh dari orang lain -- membuat ngeri para dokter di AS.

- Trump Serukan Warga AS untuk Keluar Rumah Tapi Hati-hati

Presiden Amerika Serikat Donald Trump, tak lama setelah meninggalkan rumah sakit pada hari Senin (5/10) setelah perawatan COVID-19, menyerukan warga Amerika untuk "keluar" rumah. Namun, dia juga meminta warga berhati-hati terhadap Corona yang telah menewaskan lebih dari 200.000 orang di AS.