Trump dan Biden Berebut Simpati Warga Kulit Hitam di Debat Capres AS

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 09:44 WIB
Joe Biden dan Donald Trump (AP Photo)
Foto: Joe Biden dan Donald Trump (AP Photo)
Cleveland -

Dalam debat capres AS, Presiden Donald Trump dan capres Partai Demokrat, Joe Biden berusaha keras untuk merebut suara warga kulit hitam di Pilpres. Keduanya, saling melontarkan ejekan soal kepedulian kepada warga kulit hitam.

Dilansir Associated Press, Rabu (30/9/2020) Biden memulainya dengan bertanya kepada Trump dengan nada mengejek: "Orang ini, orang ini adalah penyelamat orang Afrika-Amerika? Orang ini hampir tidak melakukan apa pun."

Biden mengatakan bahwa 1 dari 1.000 orang Afrika-Amerika telah meninggal karena virus Corona. Menurutnya, jika Trump tidak melakukan sesuatu dengan cepat, itu akan menjadi 1 dari 500.

Trump lantas mengalihkan diskusi dari COVID-19 menjadi soal diskusi undang-undang kejahatan yang disahkan pada tahun 1994. Trump menyebut Biden membantu menyusun UU tersebut yang antara lain, meningkatkan hukuman untuk pelanggaran narkoba tertentu.

"Saya membiarkan orang-orang keluar dari penjara sekarang," ujar Trump.

Trump menegaskan bahwa Biden telah memperlakukan komunitas kulit hitam "sama buruknya dengan siapa pun di negara ini".

Debat perdana ini digelar di Case Western Reserve University, Cleveland, pada Selasa (29/9) malam waktu setempat atau Rabu (30/9) pagi waktu Indonesia. Sejumlah pembatasan, termasuk pembatasan jumlah penonton, diterapkan untuk menghindari penyebaran virus Corona.

(rdp/ita)