Kecerdasannya Dipertanyakan, Trump Marah dan Sebut Biden Tidak Pintar

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 09:17 WIB
thumbnail streaming debat capres AS
Foto: 20detik
Cleveland -

Debat pertama capres Amerika Serikat berlangsung panas. Adu argumen antara capres petahana Amerika Serikat (AS), Donald Trump dan penantangnya, Joe Biden, semakin sengit. Saat membahas soal topik pandemi virus Corona (COVID-19), Trump menyebut Biden 'tidak pintar'.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Rabu (30/9/2020), Biden awalnya menanyakan kepada publik Amerika soal apakah mereka mempercayai Trump soal penanganan Corona. Biden menyinggung soal sikap Trump yang meremehkan Corona dalam wawancara dengan wartawan senior, Bob Woodward, pada Februari lalu.

"Apakah Anda mempercayai apa yang dia katakan kepada Anda, mengingat semua kebohongan, dia memberitahu Anda soal seluruh masalah berkaitan dengan COVID," ucap Biden sambil menatap langsung kamera.

"Dia masih belum mengakui bahwa dia tahu ini terjadi, tahu betapa berbahayanya virus ini pada Februari lalu, dan bahkan dia tidak memberitahu Anda," imbuhnya.

"Dalam rekaman, dia mengatakannya. Dia panik atau dia hanya peduli pasar saham, salah satunya, karena tebak, banyak orang meninggal dan lebih banyak lagi akan meninggal kecuali dia menjadi jauh lebih pintar, jauh lebih cepat," cetusnya.

Trump yang merasa tersinggung karena Biden mempertanyakan kecerdasannya, langsung menyerang Biden yang lulus dari Universitas Delaware. Trump bahkan menyebut Biden lulus dengan nilai paling rendah atau nyaris paling rendah di kelasnya.

"Jangan pernah gunakan kata pintar dengan saya. Jangan pernah menggunakan kata itu. Karena tidak ada yang pintar soal Anda, Joe," tegas Trump.

Tonton video 'Trump Versus Biden Debat Perdana Menuju Gedung Putih':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)