Pria Gelandangan Kulit Hitam Ditembak Mati oleh Polisi AS, Warga Berdemo

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 14:22 WIB
Investigators bag evidence in front of Hotel Miramar in San Clemente, Calif., Wednesday, Sept. 23, 2020, where Orange County sheriffs deputies shot and killed a Black man after he allegedly tried to grab one of their guns during a struggle, authorities said. (Mindy Schauer/The Orange County Register via AP)
Penyidik menyisir lokasi penembakan pria gelandangan kulit hitam di San Clemente, California, AS (Mindy Schauer/The Orange County Register via AP)
California -

Aksi protes digelar warga di wilayah San Clemente, California, Amerika Serikat (AS), setelah seorang pria gelandangan kulit hitam ditembak mati oleh deputi Sheriff Orange County. Pria gelandangan itu ditembak saat berusaha merebut senjata yang dibawa polisi.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (26/9/2020), pria gelandangan bernama Kurt Reinhold (42) itu dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (23/9) waktu setempat.

Dua deputi dari Homeless Outreach Team pada kantor Sheriff Orange County itu awalnya menemui Reinhold pada siang hari di dekat Hotel Miramar. Namun kontak fisik terjadi setelah Reinhold berupaya merebut senjata salah satu deputi sheriff itu.

"Dia (Reinhold-red) merebut senjata salah satu deputi dan tampak berusaha mengeluarkannya dari sarungnya," sebut Sheriff Orange County, Don Barnes, dalam konferensi pers. Reinhold dan salah satu deputi sheriff terlibat pergulatan. Namun tidak diketahui secara jelas apakah Reinhold berhasil merebut senjata api itu.

"Ini adalah pergulatan signifikan dengan Reinhold yang berlangsung selama beberapa waktu dan deputi menyatakan dalam empat waktu yang berbeda, 'Dia mendapatkan senjata saya'," sebut Barnes, mengutip video amatir yang direkam seorang saksi mata.

Barnes menyatakan bahwa salah satu deputi melepas dua kali tembakan ke arah Reinhold. Para deputi berupaya memberikan pertolongan pertama namun Reinhold dinyatakan meninggal seketika di lokasi kejadian.

Tembakan yang dilepaskan deputi sheriff itu, sesuai dengan protokol, tengah diselidiki oleh Kantor Kejaksaan Distrik Orange County. Barnes menyatakan bahwa para deputi sheriff itu telah dinonaktifkan.

Tonton video 'Polisi Tak Didakwa Atas Penembakan Breonna Taylor, AS Memanas Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2