Vietnam Sita 345 Ribu Kondom Bekas yang Dicuci dan Dijual Lagi

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 12:54 WIB
In this image from a video report by VTV, allegedly used condoms are being are being packed for sale in Binh Duong province, Vietnam on Sept. 10, 2020. Vietnamese police say they will investigate a factory that was found recycling about 320,000 used condoms for resale. (VTV via AP)
Polisi Vietnam sita ratusan ribu kondom bekas yang dibersihkan dan dijual kembali (VTV via AP)
Hanoi -

Kepolisian Vietnam menyita sekitar 345 ribu kondom bekas yang telah dibersihkan dan siap dijual kembali sebagai 'kondom baru'. Seorang wanita ditangkap dalam penggerebekan polisi di Provinsi Binh Duong tersebut.

Seperti dilansir CNN, Jumat (25/9/2020), tayangan televisi nasional, Vietnam Television (VTV), pekan ini menunjukkan puluhan tas besar berisi alat kontrasepsi bekas yang tersebar di lantai sebuah gudang di Provinsi Binh Duong.

Pihak kepolisian menyebut tas-tas itu beratnya mencapai lebih dari 360 kilogram, atau setara dengan 345 ribu kondom.

Menurut surat kabar lokal, Tuoi Tre, pemilik gudang itu mengakui pihaknya menerima 'pasokan bulanan untuk kondom bekas dari orang yang tak dikenal'.

Seorang wanita ditahan saat penggerebekan dilakukan polisi di gudang tersebut. Kepada polisi, wanita yang tidak disebut namanya itu menuturkan bahwa kondom bekas itu direbus dalam air lalu dikeringkan dan dibentuk kembali dengan batang kayu sebelum dikemas ulang dan siap dijual sebagai 'kondom baru'.

VTV menyatakan tidak diketahui pasti ada berapa banyak kondom daur ulang yang telah dijual kembali dan ke mana saja kondom daur ulang itu dijual.

Dituturkan wanita itu bahwa dirinya menerima US$ 0,17 (Rp 2.500) untuk setiap kilogram kondom daur ulang yang diproduksinya.

(nvc/ita)