Langgar Jarak Sosial di Hari Pernikahan, Menteri Kehakiman Belanda Didenda

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 15:14 WIB
Covid-19: Infeksi virus corona di seluruh dunia tembus 30 juta kasus - lebih dari 940.000 orang meninggal
ilustrasi (Foto: BBC World)
Jakarta -

Menteri Kehakiman Belanda Ferd Grapperhaus telah dikenai denda karena melanggar aturan jarak sosial di acara pernikahannya.

Jaksa penuntut Belanda menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka mendenda Grapperhaus karena "melanggar aturan terhadap virus Corona pada pernikahannya pada 22 Agustus".

Jaksa penuntut umum mengatakan dalam sebuah pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (19/9/2020), bahwa mereka mendenda Grapperhaus karena "melanggar aturan terhadap virus Corona pada pernikahannya pada 22 Agustus".

Jaksa penuntut mengatakan denda itu harus menunjukkan "kredibilitas" dari aturan anti-virus, yang Grapperhaus adalah "pemimpinnya". Grapperhaus telah memicu protes publik setelah terlihat berdiri di dekat puluhan orang di hari pernikahannya. Dia pun harus membayar 390 euro untuk pelanggaran tersebut.

Foto-foto Grapperhaus yang melanggar peraturan terkait COVID-19 tersebut sangat merusak karena dia adalah menteri yang bertanggung jawab atas penegakan aturan tersebut.

Grapperhaus yang terlihat emosional, meminta maaf di parlemen atas perbuatannya tersebut.

Jumlah kasus infeksi virus Corona di Belanda meningkat selama 24 jam terakhir sebesar 1.977 kasus, jumlah harian tertinggi sejauh ini. Pemerintahan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte akan mengumumkan tindakan regional, termasuk penutupan bar sebagai tanggapan atas peningkatan kasus baru-baru ini.

(ita/ita)