Trump: 5 Negara Arab Lain Segera Sepakati Normalisasi dengan Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 10:08 WIB
President Donald Trump speaks with reporters as he walks to Marine One on the South Lawn of the White House, Tuesday, Sept. 15, 2020, in Washington. Trump is en route to Philadelphia. (AP Photo/Alex Brandon)
Donald Trump (AP Photo/Alex Brandon)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengklaim bahwa 'lima atau enam' negara Arab lainnya akan segera sepakat untuk menormalisasi hubungan dengan Israel. Trump tidak menyebut lebih lanjut negara-negara yang dimaksudnya, namun dia mengisyaratkan Arab Saudi mungkin ikut bergabung.

"Kita sejauh ini sudah berjalan dengan sekitar lima negara, lima negara tambahan," ungkap Trump dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Rabu (16/9/2020).

Klaim itu disampaikan Trump saat menjamu Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, di Ruang Oval Gedung Putih, sebelum seremoni penandatanganan perjanjian damai antara Israel dengan Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain pada Selasa (15/9) waktu setempat.

"Kita akan mendapati sedikitnya lima atau enam negara yang bergabung dengan sangat cepat, kita sudah berbicara dengan mereka," imbuhnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Trump tidak menyebut lebih lanjut nama negara-negara tambahan tersebut. Namun dia mengisyaratkan saat pembicaraan bilateral dengan Menteri Luar Negeri UEA, Abdullah bin Zayed Al-Nahyan, bahwa Saudi mungkin ikut serta tanpa menyebutnya secara spesifik.

"Kita telah melakukan pembicaraan yang hebat dengan Arab Saudi. Saya pikir pikiran mereka sangat terbuka," ucap Trump.

Dalam pernyataan terpisah kepada wartawan, Trump mengharapkan Saudi untuk menormalisasi hubungan dengan Israel pada 'waktu yang tepat'.

Untuk kawasan Timur Tengah, perjanjian damai yang disebut 'Abraham Accord' ini menandai perubahan berbeda dalam status quo yang berusia puluhan tahun di mana negara-negara Arab berupaya menjaga persatuan dalam melawan Israel atas perlakuannya terhadap warga Palestina.

Sejauh ini, sudah ada empat negara Arab yang menormalisasi hubungan dengan Israel, yakni Mesir, Yordania, Uni Emirat Arab dan Bahrain.

Tonton video 'Trump & Gedung Putih Jadi Saksi Perjanjian Damai Bahrain-UEA-Israel':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/rdp)