Polisi Rusia Ingin Tanyai Alexei Navalny yang Diduga Diracun

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 16:04 WIB
Alexei Navalny dan koleksi persenjataan racun Rusia yang eksotis
Foto: Alexei Navalny ketika sedang dirawat (BBC World)
Moskow -

Polisi Rusia menyatakan berusaha untuk menanyai pemimpin oposisi Alexei Navalny di Berlin, Jerman. Hal ini dilakukan usai Moskow menolak pernyataan Jerman bahwa Navalny diracuni dengan menggunakan agen saraf Novichok.

Dilansir AFP, Jumat (11/9/2020), kritikus Kremlin berusia 44 tahun dan juru kampanye anti-korupsi itu jatuh sakit setelah naik pesawat di Siberia dan dirawat di rumah sakit setempat sebelum diterbangkan ke Berlin.

Jerman melaporkan "bukti kuat" bahwa dia diracuni dengan agen saraf tetapi Rusia mengatakan para dokter tidak menemukan jejak racun.

Polisi transportasi Siberia, yang telah menelusuri kembali pergerakan Navalny, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Rusia akan mempersiapkan permintaan bagi perwira dan "ahli" untuk membayangi penyelidik Jerman.

Menyusul laporan bahwa Navalny telah bangun dari koma, polisi Siberia mengatakan bahwa petugas dapat "mengajukan klarifikasi dan pertanyaan tambahan" dan hadir saat "rekan Jerman melakukan kegiatan investigasi dengan Navalny, petugas medis dan ahli".

Kremlin telah mengecam upaya untuk menyalahkan negara Rusia atas peracunan itu sebagai "tidak masuk akal".

Selanjutnya
Halaman
1 2