Aktivis Pro-Demokrasi Hong Kong Ungkap Ketakutan Akan Penangkapan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 10:00 WIB
Aktivis Hong Kong Joshua Wong Minta Jerman Dukung Gerakan Pro-Demokrasi
Foto: Aktivis Hong Kong Joshua Wong (DW News)
Hong Kong -

Aktivis pro-demokrasi Hong Kong Joshua Wong menceritakan ketakutannya akan penangkapan setelah penerapan Undang-undang Keamanan Baru di Hong Kong. Wong mengungkap cerita itu dalam penampilan virtualnya di festival buku Inggris.

Seperti dilansir AFP, Senin (24/8/2020) aktivis berusia 23 tahun itu mengatakan bahwa partisipasinya dalam acara tersebut mungkin membuatnya berisiko, tetapi itu adalah tugasnya untuk terus berbicara tentang pengetatan cengkeraman China di kota semi-otonom itu.

Wong mengatakan bahwa dua jam sebelum tampil di Edinburgh International Book Festival, dia dibuntuti oleh mobil tak dikenal dengan lisensi China-Hong Kong.

Saat mengunjungi Victoria Peak di Hong Kong dengan teman-temannya, dia mengatakan bahwa dia difoto dan dilecehkan secara verbal oleh "geng pro-Beijing".

"Itu taktik umum yang mereka gunakan untuk membidik aktivis pro demokrasi," katanya, Minggu (23/8).

Wong mengatakan harga yang dia bayarkan dalam pengawasan "relatif kecil" dibandingkan dengan pengunjuk rasa yang ditembak dengan peluru tajam selama demonstrasi tahun lalu.

Namun, dia mengatakan sulit untuk merencanakan masa depan di bawah ancaman UU Keamanan Nasional yang diberlakukan China di Hong Kong pada bulan Juni lalu.

Tonton video 'Aktivis Muda Prodemokrasi Dibebaskan Polisi Hong Kong':

[Gambas:Video 20detik]