Polisi Brasil Tangkap Jaringan Narkoba Global, 7 Pesawat-5 Helikopter Disita

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 19 Agu 2020 05:38 WIB
Ilustrasi razia miras, ilustrasi razia prostitusi, ilustrasi razia preman, ilustrasi razia narkoba, ilustrasi razia kendaraan, ilustrasi razia lalu lintas
Ilustrasi (Foto: dok detikcom)
Rio de Janeiro -

Polisi Federal Brasil mengatakan bahwa mereka telah menindak jaringan pengedar narkoba internasional. Jaringan narkoba itu ditangkap dalam operasi besar-besaran yang menargetkan penyelundupan kokain antara Amerika Selatan dan Eropa.

Dilansir AFP, Rabu (19/8/2020) Polisi Brasil mengatakan dalam operasi itu mereka menangkap 50 orang dan menyita 7 pesawat, 5 helikopter, 42 truk dan 35 properti yang terkait dengan tersangka yang diduga menyelundupkan berton-ton kokain ke Eropa dan Brasil.

Polisi mengatakan penangkapan dilakukan di 13 negara bagian Brasil. Penangkapan itu adalah kelanjutan dari penyelidikan yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 silam bersama dengan Badan Kejahatan Nasional Inggris.

Pihak berwenang juga telah membekukan 100 juta real (Rp 271,3 miliar) aset sebagian dari operasi.

Polisi mengatakan penangkapan itu menargetkan 4 organisasi terkait yang bertanggung jawab menyelundupkan kokain ke Brasil melintasi perbatasan Paraguay, lalu menjualnya di Brasil, Eropa dan Cape Verdel. Menyediakan logistik dan transportasi serta pencucian hasil.

Lebih dari 600 polisi ikut serta dalam penangkapan itu. Pihak berwenang telah menangkap 12 orang dan menyita lebih dari 11 ton kokain selam penyidikan.

Jaringan terus memperdagangkan narkoba bahkan selama tindakan lockdown untuk menahan penyebaran virus Corona. Polisi mengatakan mereka telah menyita 1,5 ton kokain dari 20 Maret hingga 20 Juli 2020.

(lir/lir)