International Updates

Corona AS Tembus 5 Juta, China Kerahkan Jet Tempur Saat Kunjungan Menkes AS

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 17:19 WIB
Sedikitnya empat truk berisi 60 mayat ditemukan di luar sebuah rumah duka di Brooklyn, New York, AS. Mereka adalah korban wabah COVID-19 yang merajalela.
Foto: AP/Craig Ruttle
Jakarta -

Total kasus virus Corona (COVID-19) di wilayah Amerika Serikat (AS) telah menembus angka 5 juta. Jumlah kematian akibat virus mematikan ini di AS juga telah melebihi 162 ribu orang.

Seperti dilansir CNN, Senin (10/8/2020), data penghitungan terbaru Johns Hopkins University (JHU) menunjukkan total 5.044.168 kasus Corona tercatat di wilayah AS. Total kematian akibat Corona di AS, menurut JHU, sejauh ini mencapai 162.918 orang.

Para pakar memperkirakan bahwa total kasus Corona yang sebenarnya di AS jauh lebih tinggi dari angka tersebut. Dengan total tersebut, AS sama saja berkontribusi sekitar seperempat dari total kasus Corona secara global yang sejauh ini, menurut JHU, mencapai 19.773.447 kasus.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Senin (10/8/2020):

- Penembakan di Washington, 1 Orang Tewas dan 20 Luka-luka

Setidaknya tiga penembak melepaskan tembakan selama pertemuan besar-besaran di Washington, Amerika Serikat pada Minggu (9/8/2020) pagi waktu setempat. Insiden ini menewaskan seorang remaja dan melukai 20 lainnya, termasuk seorang petugas polisi.

Seperti dilansir Reuters, Senin (10/8) penembakan itu terjadi selama pertemuan yang dihadiri oleh ratusan orang di distrik tenggara ibu kota negara itu, kata Kepala Polisi Metropolitan DC Peter Newsham dan Walikota Washington Muriel Bowser pada konferensi pers.

Media lokal menyebut acara tersebut sebagai "pesta tanpa izin" di lingkungan perumahan. Bowser mengatakan acara itu melanggar larangan kota soal protokol kesehatan virus Corona yang melarang pertemuan publik lebih dari 50 orang.

"Ada terlalu banyak orang di luar sana, Anda tahu, dengan COVID-19," kata Newsham.

- Terus Bertambah, Vietnam Catat 841 Kasus Corona dengan 13 Kematian

Otoritas Vietnam melaporkan 31 kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya. Total kasus Corona di Vietnam bertambah cepat dan sejauh ini telah melebihi 800 kasus, dengan 13 kematian.

Seperti dilansir Reuters dan media lokal VN Express International, Senin (10/8/2020), seluruh kasus baru itu masih terkait dengan kota Da Nang yang menjadi lokasi kemunculan wabah baru Corona sejak 25 Juli lalu. Menurut Kementerian Kesehatan Vietnam, sejauh ini sudah 355 kasus muncul di Da Nang.

Sejak saat itu, kasus-kasus Corona terdeteksi di sedikitnya 15 lokasi berbeda di wilayah Vietnam.

- Menkes AS Bertemu Presiden Taiwan, China Kerahkan Jet Tempur

Sejumlah jet tempur China dikerahkan saat Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS) Alex Azar datang berkunjung ke Taiwan dan bertemu Presiden Tsai Ing-wen. Jet-jet tempur China itu secara singkat melintasi garis tengah Selat Taiwan dan sempat dilacak oleh sistem rudal Taiwan.

Selanjutnya
Halaman
1 2