Menkes AS Bertemu Presiden Taiwan, China Kerahkan Jet Tempur

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 16:12 WIB
U.S. Health and Human Services Secretary Alex Azar, left, speaks during a meeting with Taiwans President Tsai Ing-wen in Taipei, Taiwan Monday, Aug. 10, 2020. Azar met with Tsai on Monday during the highest-level visit by an American Cabinet official since the break in formal diplomatic ties between Washington and Taipei in 1979. (Pool Photo via AP Photo)
Menkes AS Alex Azar saat bertemu Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (Pool Photo via AP Photo)
Taipei -

Sejumlah jet tempur China dikerahkan saat Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS) Alex Azar datang berkunjung ke Taiwan dan bertemu Presiden Tsai Ing-wen. Jet-jet tempur China itu secara singkat melintasi garis tengah Selat Taiwan dan sempat dilacak oleh sistem rudal Taiwan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (10/8/2020), Menkes Azar datang ke Taiwan untuk menawarkan dukungan kuat Presiden AS Donald Trump. Dia tiba di Taiwan pada Minggu (9/8) waktu setempat. Kunjungan ini tercatat sebagai yang pertama dilakukan seorang pejabat level tertinggi AS ke Taiwan dalam empat dekade terakhir.

China mengecam keras kunjungan pejabat tinggi ke AS ke Taiwan, yang dianggap sebagai bagian wilayahnya. Disebutkan China bahwa kunjungan ini berpotensi merusak hubungan AS dan China. Sebelumnya China menjanjikan balasan yang tak ditentukan terhadap kunjungan Menkes Azar ke Taiwan tersebut.

Pada Senin (10/8) waktu setempat, China mengerahkan jet tempur J-11 dan J-10 untuk secara singkat terbang di wilayah Taiwan, tepatnya di atas Selat Taiwan yang sensitif dan sempit yang memisahkan Taiwan dari China.

Laporan Angkatan Udara Taiwan menyebut jet-jet tempur China terpantau terbang melintasi garis tengah Selat Taiwan pada Senin (10/8) pagi, sekitar pukul 09.00 waktu setempat, atau saat sebelum Menkes Azar bertemu Presiden Tsai di Taipei.

Dalam pernyataan yang dirilis melalui Kementerian Pertahanan Taiwan, pihak Angkatan Udara menyebut jet tempur China itu sempat dilacak oleh sistem anti-pesawat Taiwan yang berbasis di daratan dan berhasil 'diusir' oleh pesawat tempur Taiwan yang berpatroli.

Insiden semacam ini merupakan yang ketiga kali sejak tahun 2016, saat Taiwan melaporkan jet-jet tempur China melewati garis tengah Selat Taiwan.

Tonton video 'China Anggap Amerika Serikat Sangat 'Kotor':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2