Kasus Corona AS Tembus 5 Juta, Lebih dari 162 Ribu Orang Meninggal

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 09:14 WIB
Amerika Serikat menjadi negara terbanyak dalam kasus virus corona, hal tersebut membuat tenaga medisnya juga sangat terimbas dalam hal pelayanan, seperti ini potretnya.
Ilustrasi -- Tenaga medis di AS (AP Photo/John Minchillo)
Washington DC -

Total kasus virus Corona (COVID-19) di wilayah Amerika Serikat (AS) telah menembus angka 5 juta. Jumlah kematian akibat virus mematikan ini di AS juga telah melebihi 162 ribu orang.

Seperti dilansir CNN, Senin (10/8/2020), data penghitungan terbaru Johns Hopkins University (JHU) menunjukkan total 5.044.168 kasus Corona tercatat di wilayah AS. Total kematian akibat Corona di AS, menurut JHU, sejauh ini mencapai 162.918 orang.

Para pakar memperkirakan bahwa total kasus Corona yang sebenarnya di AS jauh lebih tinggi dari angka tersebut. Dengan total tersebut, AS sama saja berkontribusi sekitar seperempat dari total kasus Corona secara global yang sejauh ini, menurut JHU, mencapai 19.773.447 kasus.

AS masih menempati peringkat pertama sebagai negara dengan total kematian tertinggi akibat Corona. Total kematian Corona secara global, menurut JHU, kini mencapai 729.393 orang.

Catatan CNN menyebut bahwa penyebaran virus Corona di AS meluas dengan cepat, sejak pertama terdeteksi pada 21 Januari lalu. Dengan detailnya menunjukkan bahwa dibutuhkan waktu 99 hari bagi AS untuk mencapai total 1 juta kasus, 43 hari untuk mencapai 2 juta kasus, 28 hari untuk mencapai 3 juta kasus, 15 hari untuk mencapai 4 juta kasus pada 23 Juli lalu. Dan terakhir, dibutuhkan waktu 17 hari untuk mencapai total 5 juta kasus Corona di AS.

Pandemi Corona di AS dinilai tidak menunjukkan pertanda melambat. Bahkan, menurut data JHU, jumlah kematian akibat Corona di AS terus meningkat, dengan lebih dari 1.000 kematian dilaporkan setiap hari selama lima hari terakhir di negara ini. Sejak 21 Juli, tercatat hanya ada empat hari saat AS tidak melaporkan lebih dari 1.000 kematian dalam sehari.

Sepanjang pekan ini, sebut CNN, sedikitnya lima negara bagian AS menyumbangkan lebih dari 40 persen total kasus Corona. Kelima negara bagian itu adalah California, Florida, Texas, New York dan Georgia.

Dari lima negara bagian itu, ada tiga negara bagian yang kini mencatatkan total kasus Corona tertinggi di AS, yakni California dengan total lebih dari 545 ribu kasus, Florida dengan total lebih dari 527 ribu kasus dan Texas dengan total lebih dari 481 ribu kasus.

Tonton video 'Momen WHO Minta AS Tak Menarik Diri: Bukan Tentang Uang!':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)