97 Ribu Anak di AS Positif Corona Hanya Dalam 2 Pekan

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 10 Agu 2020 15:13 WIB
Jumlah kematian akibat virus Corona di Amerika Serikat terus bertambah drastis. Bahkan dalam waktu 24 jam terakhir, 4.491 kematian dilaporkan di negeri itu.
Ilustrasi (AP Photo)
Washington DC -

Lebih dari 97 ribu anak di wilayah Amerika Serikat (AS) dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) dalam waktu hanya dua pekan pada akhir Juli lalu. Kajian terbaru menyebut terjadi kenaikan untuk jumlah kasus Corona pada anak-anak di AS.

Seperti dilansir CNN, Senin (10/8/2020), hal tersebut diungkapkan dalam laporan terbaru yang dirilis Asosiasi Akademi Pediatri dan Rumah Sakit Anak Amerika.

Disebutkan dalam laporan tersebut bahwa lebih dari 97 ribu anak di berbagai wilayah AS dinyatakan terinfeksi virus Corona dalam waktu dua pekan pada akhir Juli. Selama dua pekan tersebut, terjadi kenaikan 40 persen dalam kasus Corona pada anak-anak di berbagai negara bagian dan kota yang menjadi lokasi kajian.

Batasan usia untuk anak-anak berbeda di setiap negara bagian, dengan beberapa mendefinisikan anak-anak sebagai mereka yang berusia hingga 14 tahun dan satu negara bagian, yakni Alabama, memiliki batasan hingga 24 tahun untuk anak-anak.

Data-data yang diteliti berasal dari masa-masa kembali ke sekolah saat otoritas kesehatan AS berupaya memahami dampak virus Corona pada anak-anak dan perang kaum muda dalam penyebarannya.

Beberapa sekolah di AS diketahui telah kembali dibuka untuk para siswa dan kegiatan belajar-mengajar kembali normal. Sedangkan yang lain masih menyesuaikan kembali rencana pembukaan kembali sekolah merespons kenaikan jumlah kasus Corona.

Salah satu sekolah menengah di Georgia menjadi pemberitaan media setelah sebuah foto yang menunjukkan kerumunan siswa di lorong sekolah, menjadi viral di internet. Sedikitnya 9 kasus Corona dilaporkan di sekolah tersebut, dengan enam kasus merupakan siswa dan tiga kasus lainnya staf sekolah.

Sementara sejumlah tokoh terkemuka AS, termasuk Presiden Donald Trump, menyatakan bahwa virus Corona tidak menimbulkan risiko besar pada anak-anak, satu kajian terbaru menyebut anak-anak lebih besar bisa menularkan virus Corona sama seperti orang dewasa.

Tonton video 'Amerika Serikat Harus Pertimbangkan Hal Ini Bila Menarik Diri dari WHO':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2