WHO: Korut Lakukan Tes Corona pada 1.211 Orang, Semuanya Negatif

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 17:53 WIB
Students wearing a face mask have their temperature checked as a precaution against a new coronavirus as their university reopened following vacation, at Kim Chaek University of Technology in Pyongyang, Wednesday, April 22, 2020. (AP Photo/Jon Chol Jin)
Ilustrasi -- Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan di Korut (AP Photo/Jon Chol JIn)

Dr Salvador menambahkan bahwa WHO sebelumnya menyediakan 900 unit alat pelindung diri (APD) bersama reagen laboratorium.

Dalam pernyataannya, Dr Salvador juga melaporkan bahwa Korut juga memeriksa suhu tubuh orang-orang dengan termometer infra merah (infrared thermometer), menyediakan fasilitas cuci tangan dan sanitizer di tempat-tempat umum, termasuk pusat perbelanjaan, restoran dan hotel.

Pengumuman publik soal informasi Corona itu disampaikan melalui televisi, radio, media cetak dan pengeras suara.

Sebelumnya pada Sabtu (25/7) lalu, pemimpin Korut Kim Jong-Un menggelar rapat darurat setelah negara itu melaporkan satu kasus suspek Corona di wilayahnya. Suspek Corona itu dilaporkan melibatkan seorang pembelot yang kembali ke Korut melalui kota perbatasan Kaesong, setelah 3 tahun lalu kabur ke Korea Selatan (Korsel). Si pembelot itu masuk ke Korut saat diduga terinfeksi Corona.

Sejauh ini, Korut belum mengonfirmasi satu pun kasus Corona di wilayahnya. Namun para pakar meragukan klaim Korut, terlebih mengingat negara itu berbatasan langsung dengan China yang menjadi lokasi awal terdeteksinya virus Corona. Sejauh ini, lebih dari 17 juta orang telah terinfeksi dan lebih dari 667 ribu orang tewas akibat virus Corona secara global.

Halaman

(nvc/ita)