International Updates

Tiap Menit Corona Tewaskan Warga AS, Erdogan Marah Lahirlah UU Kontrol Medsos

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 17:27 WIB
Sedikitnya empat truk berisi 60 mayat ditemukan di luar sebuah rumah duka di Brooklyn, New York, AS. Mereka adalah korban wabah COVID-19 yang merajalela.
Foto: AP/Craig Ruttle
Jakarta -

Sedikitnya satu orang meninggal setiap menit akibat virus Corona (COVID-19) di Amerika Serikat (AS) pada Rabu (29/7) waktu setempat. Total kematian akibat Corona di AS kini melampaui 150 ribu orang, yang merupakan jumlah kematian tertinggi di dunia.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (30/7/2020), otoritas AS mencatat 1.456 kematian akibat Corona dalam sehari, atau sepanjang Rabu (29/7) waktu setempat. Angka itu tercatat sebagai tambahan kematian tertinggi dalam sehari di AS. Angka tertinggi sebelumnya tercatat pada 27 Mei dengan 1.484 kematian dalam sehari.

Jumlah kematian akibat virus Corona di AS terus meningkat dengan cepat dalam dua bulan terakhir. Bahkan tercatat mengalami penambahan hingga 10 ribu kematian dalam 11 hari terakhir.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (30/7/2020):

- Bermula dari Kemarahan Erdogan, Lahirlah UU Kontrol Medsos di Turki

Parlemen Turki pada hari Rabu (29/7) mengesahkan RUU kontroversial yang akan memberikan pemerintah kontrol atas media sosial (medsos). RUU ini muncul setelah kemarahan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat keluarganya dihina di medsos.

Seperti dilansir dari media euronews, awal bulan ini, Erdogan mengatakan bahwa pemerintahnya bertekad untuk memperkenalkan undang-undang yang akan memaksa perusahaan media sosial untuk membuat kehadiran hukum di Turki.

Persyaratan itu berarti perusahaan media sosial dapat dimintai pertanggungjawaban finansial dan dipaksa untuk mematuhi keputusan pengadilan Turki.

"Sangat penting bahwa saluran-saluran ini dikendalikan," kata Erdogan kepada para anggota partai dalam pidato yang disiarkan televisi dari ibu kota, Ankara.

Penghinaan itu diarahkan di media sosial terhadap putri dan menantu Erdogan - Menteri Keuangan - ketika pasangan itu mengumumkan kelahiran anak keempat mereka di Twitter.

- Di Amerika Serikat, Satu Orang Meninggal Tiap Menit Akibat Corona

Sedikitnya satu orang meninggal setiap menit akibat virus Corona (COVID-19) di Amerika Serikat (AS) pada Rabu (29/7) waktu setempat. Total kematian akibat Corona di AS kini melampaui 150 ribu orang, yang merupakan jumlah kematian tertinggi di dunia.

Selanjutnya
Halaman
1 2