Corona Mengganas, Brasil Malah Buka Penerbangan Internasional untuk Turis

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 30 Jul 2020 13:08 WIB
ilustrasi
Ilustrasi (Thinkstock)
Brasilia -

Brasil membuka kembali penerbangan internasional untuk turis-turis asing, yang sempat dilarang sejak Maret. Pembukaan kembali penerbangan internasional ini diumumkan saat Brasil mencatat rekor baru, yakni lebih dari 69 ribu kasus infeksi virus Corona (COVID-19) dalam sehari.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (30/7/2020), pemerintah Brasil tidak memberikan penjelasan untuk kebijakan barunya ini, yang disampaikan dalam sebuah dekrit pada Rabu (29/7) waktu setempat.

Dalam dekritnya, pemerintah Brasil menyatakan bahwa turis-turis dari berbagai negara bisa bepergian ke Brasil selama memiliki asuransi kesehatan selama melakukan kunjungan atau perjalanan mereka.

Brasil tercatat sebagai negara kedua yang terdampak Corona paling parah di dunia, setelah Amerika Serikat (AS). Sepanjang Rabu (29/7) waktu setempat, otoritas Brasil melaporkan rekor baru untuk tambahan kasus harian di negara ini.

Sedikitnya 69.074 kasus Corona tercatat dalam 24 jam terakhir di Brasil. Otoritas Brasil juga melaporkan 1.595 kematian akibat Corona dalam sehari.

Dengan tambahan tersebut, sejauh ini total 2.552.265 kasus Corona tercatat di wilayah Brasil, dengan 90.134 kematian.

Dengan mengizinkan turis asing masuk ke wilayahnya, Brasil berarti membuka perbatasan udaranya jauh lebih cepat dari negara-negara kawasan Amerika Latin lainnya yang tidak mengalami pandemi Corona separah Brasil.

Negara-negara tersebut antara lain Kolombia, Argentina, Panama dan Peru, yang semuanya masih menutup diri dari penerbangan komersial internasional.

Meskipun turis asing kini bisa berkunjung ke Brasil, banyak negara yang tidak mengambil langkah balasan karena pandemi Corona yang masih merajalela. AS dan Uni Eropa, sebagai contohnya, telah membuka kembali perjalanan internasional tapi tidak mengizinkan turis asal Brasil masuk ke wilayah mereka.

(nvc/ita)