Penasihat Keamanan Nasional Trump Positif Corona

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 28 Jul 2020 00:34 WIB
Penasihat keamanan nasional Donald Trump, Robert OBrien positif Corona
Foto: Penasihat keamanan nasional Donald Trump, Robert O'Brien, positif Corona (AFP/MANDEL NGAN)
Washington -

Penasihat keamanan nasional Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Robert O'Brien, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). O'Brien langsung isolasi mandiri dan bekerja di lokasi yang aman.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (27/7/2020), O'Brien yang memegang peran penting dalam pemerintahan, "telah mengisolasi diri dan bekerja dari lokasi yang aman di luar," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

"Tidak ada risiko terpapar dengan presiden atau wakil presiden," tambahnya, menekankan bahwa pekerjaan Dewan Keamanan Nasional terus berlanjut tanpa gangguan.

O'Brien melakukan perjalanan pada pertengahan Juli ke Paris, di mana ia terutama bertemu dengan rekan-rekannya dari Prancis, Jerman, Italia dan Inggris.

O'Brien merupakan penasihat keamanan nasional Trump yang terbaru-dan paling senior- di antara beberapa orang dekat Trump yang terinfeksi Corona. Pada Mei, juru bicara Wakil Presiden Mike Pence, Katie Miller, yang juga menikah dengan penasihat dekat Trump, Stephen Miller, dinyatakan positif terkena Corona. Sejak dia kembali bekerja.

Pada awal Juli, Kimberly Guilfoyle, mantan pembawa acara televisi Fox News dan pacar putra sulung Trump, Donald Jr, juga dinyatakan positif. Guilfoyle telah memainkan peran penting dalam penggalangan dana kampanye Trump untuk pemilihan kembali pada bulan November.

Trump telah menghadapi banyak kecaman dalam penanganan wabah Corona, di mana virus itu telah menginfeksi 4,2 juta orang AS dan menewaskan hampir 150.000 orang.

(rfs/rfs)