Waswas, Warga Minta Pemkot Awasi Pengunjung Tak Bermasker di Tugu Kujang Bogor

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 09:38 WIB
Warga padati Tugu Kujang Bogor
Warga padati Tugu Kujang Bogor (Foto: Sachril Agustin/detikcom)
Bogor -

Banyak warga yang datang untuk berolahraga di kawasan pedestrian Tugu Kujang, Kota Bogor. Warga pun ingin agar Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bisa melakukan pengawasan protokol kesehatan di tempat ini.

Pengunjung pedestrian Tugu Kujang Bogor, Ashadi (59) mengatakan warga yang jogging hingga berdagang berkumpul menjadi satu di pedestrian ini. Dia mengungkap masih banyak orang yang tidak memakai masker saat datang ke Tugu Kujang Bogor.

Ashadi pun mengaku was-was karena banyak orang yang tak memakai masker. Petugas, lanjutnya, tak ada di sekitaran pedestrian untuk melakukan penjagaan.

"(Petugas melakukan) keamanan, pengawasan dari aparat setempat. Ini kan berarti pemerintah setempat (Pemkot Bogor) membiarkan orang berkerumun tanpa memenuhi protokol kesehatan (tak memakai masker) Jadi rentan terkait dengan penyebaran COVID. Was-was kalau saya, terus terang," ucap Ashadi, di pedestrian Tugu Kujang, Kota Bogor, Minggu (19/7/2020).

CFD di Kota BogorCFD di Kota Bogor Foto: Sachril Agustin/detikcom

Pengunjung lainnya, Miftahudin (47) menambahkan pedestrian di sekitaran Tugu Kujang selalu ramai didatangi masyarakat. Namun, ia prihatin masih banyak yang warga tak sadar akan pentingnya memakai masker di tengah pandemi ini.

"Tapi masih ada 30 persen saya lihat ada yang nggak pakai masker. Terus penerapan social distancing kayaknya kurang begitu efektif kalau kita lihat pagi Minggu ini. Yang perlu diperbaiki pemakaian masker harus lebih ditingkatkan lagi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, gitu," ujar Miftahudin.

Andri (43), pengunjung lainnya, mengatakan imbauan pemerintah untuk selalu memakai masker sudah sering dilakukan. Dia menduga tidak terlihatnya petugas di sekitaran Tugu Kujang untuk melakukan penjagaan membuat warga tidak disiplin memakai masker.

"Tapi untuk anjuran pemakaian masker masih dilaksanakan meskipun ada sebagian yang tidak menggunakan. Itu hanya sebagian kecil. Mungkin kesadaran masyarakat yang tidak memakai masker masih kurang," terang Andri.

Pantauan detikcom, masih banyak masyarakat di pedestrian Tugu Kujang Bogor, sekitar pukul 08.57 WIB. Pengunjung, ada yang jogging maupun bersepeda. Anak-anak hingga orang dewasa memadati pedestrian Tugu Kujang.

Petugas pun tidak terlihat di sekitaran lokasi untuk melakukan penjagaan. Masyarakat yang datang mayoritas memakai masker. Tapi, ada juga yang tidak memakai masker dengan benar. Bahkan, sejumlah warga pun ada yang tidak memakai masker.

Tonton video 'Hal yang Perlu Diketahui Saat Olahraga Pakai Masker':

(isa/isa)