Kembali ke Sekolah Saat Pandemi Corona, Siswa Malaysia Tetap Tenang

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 10:51 WIB
A high school teacher checks the temperature of a student on the first day after being reopened following restrictions to halt the spread of the COVID-19 coronavirus in Kuala Lumpur on June 24, 2020. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
Ilustrasi -- Siswa Malaysia kembali ke sekolah di tengah pandemi virus Corona (AFP/MOHD RASFAN)

Ketua Asosiasi Orangtua-Guru (PTA) pada Sekolah Kebangsaan (SK) Taman Megah, Lawrence Low, juga menyatakan kekagetannya saat mengetahui para siswa tetap tenang saat kembali ke sekolah di tengah pandemi Corona.

"Semua orang tenang. Para siswa mendapat penjelasan pada pagi hari soal new normal dan SOP dan para orangtua tetap diberitahu informasi menjelang pembukaan," tutur Low.

Low menyebut semua orang di sekolah, termasuk pengelola kantin, tukang bersih-bersih, guru dan murid, sangat kooperatif. Dia mengaku merasa lega karena para siswa bisa masuk sekolah lagi.

Selain pemberlakuan standar higienitas, pengaturan tempat duduk di dalam kelas juga disesuaikan menurut SOP yang berlaku. Pengaturan baru ini disebut memberikan siswa lebih banyak personal space.

Salah satu siswa kelas 5 di SJK (C) Sentul, Yap Zi Yi, mengakui dirinya merasa cukup aman untuk kembali ke sekolah dengan SOP baru. Demikian halnya dengan S Mithllesh, siswa kelas 6 SJK (C) Sentul, yang mempercayai SOP baru yang diberlakukan.

"Saya merasa senang soal SOP karena jika ada siswa yang menunjukkan gejala seperti demam, pemeriksaan suhu tubuh akan mendeteksi itu dan siswa akan dipulangkan ke rumah," ucapnya.

Halaman

(nvc/ita)