Gubernur Oklahoma Positif Corona, Pertama Kalinya Gubernur AS Terinfeksi

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 09:39 WIB
FILE - In this July 9, 2020, file photo Oklahoma Gov. Kevin Stitt speaks during a news conference in Oklahoma City. Stitt announced Wednesday, July 15, 2020, that hes tested positive for the coronavirus and that he is isolating at home. The first-term Republican governor has backed one of the countrys most aggressive reopening plans, has resisted any statewide mandate on masks and rarely wears one himself. (AP Photo/Sue Ogrocki, File)
Gubernur Oklahoma Kevin Stitt (AP Photo/Sue Ogrocki, File)
Oklahoma City -

Gubernur Oklahoma, Kevin Stitt, mengumumkan dirinya baru saja dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Ini menjadi momen pertama kalinya di Amerika Serikat (AS) saat seorang Gubernur AS mengumumkan dirinya terinfeksi virus Corona.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (16/7/2020), pengumuman Stitt ini disampaikan saat jumlah kasus Corona di AS terus melonjak, khususnya di wilayah selatan dan barat. Lonjakan kasus terus terjadi sejak pembatasan ekonomi dan sosial di beberapa negara bagian mulai dilonggarkan.

Tambahan kasus harian di AS kini berkisar pada angka 60 ribu kasus setiap hari.

Pada Rabu (15/7) waktu setempat, otoritas negara bagian Oklahoma mencatat rekor baru untuk tambahan kasus harian dalam dua hari berturut-turut. Sedikitnya 1.075 kasus baru tercatat dalam sehari di Oklahoma, yang menjadikan total kasus Corona di negara bagian ini mencapai 22.813 kasus.

Secara nasional, total kasus Corona di AS semakin mendekati 3,5 juta kasus, masih merupakan total kasus tertinggi di dunia.

Sebelum mengumumkan dirinya positif Corona, Stitt sempat memicu kecaman setelah memposting foto dirinya bersama dua anaknya di sebuah restoran yang ramai. Foto ini diposting via Twitter setelah otoritas kesehatan setempat menganjurkan langkah social distancing untuk membatasi penyebaran virus Corona.

"Saya menjalani tes COVID-19 kemarin dan hasilnya dinyatakan positif," ucap Stitt dalam pernyataan via video conference dengan wartawan setempat.

"Saya merasa baik-baik saya, sungguh, maksud saya, Anda mungkin menyebut saya tanpa gejala atau hanya sedikit sakit," ujarnya.

Saat Presiden Donald Trump menggelar kampanye di Tulsa pada 20 Juni lalu, Stitt yang anggota Partai Republik ini diketahui ikut hadir. Ribuan orang yang hadir dalam kampanye itu diketahui banyak tidak memakai masker dan menentang anjuran otoritas kesehatan untuk tidak berkumpul dalam jumlah besar.

Lebih lanjut, Stitt menuturkan bahwa dirinya bekerja bersama para pelacak kontak ketika gejala-gejala virus Corona mulai dirasakan. Stitt yang gencar mendorong warga Oklahoma memakai masker, diketahui jarang memakai masker di tempat umum.

(nvc/ita)