Kapal Perang AS Dilanda Kebakaran, 21 Orang Luka-luka

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 12:22 WIB
Smoke rises from the USS Bonhomme Richard at Naval Base San Diego Sunday, July 12, 2020, in San Diego after an explosion and fire Sunday on board the ship at Naval Base San Diego. (AP Photo/Denis Poroy)
USS Bonhomme Richard terbakar di San Diego (AP Photo/Denis Poroy)
San Diego -

Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) dilanda kebakaran selama beberapa jam saat berlabuh di Pangkalan Laut San Diego. Evakuasi besar-besaran dilakukan terhadap isi kapal perang ini, dengan sedikitnya 21 orang mengalami luka-luka.

Seperti dilansir Reuters, Senin (13/7/2020), pihak Angkatan Laut AS (US Navy) dan Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamat San Diego menyatakan 21 korban luka dilarikan ke rumah sakit setempat dengan luka-luka ringan.

Departemen Pemadam Kebakaran setempat menyatakan bahwa kebakaran muncul setelah terjadi ledakan di kapal perang bernama USS Bonhomme Richard tersebut pada Minggu (12/7) pagi, sekitar pukul 08.30 waktu setempat. USS Bonhomme Richard merupakan kapal serbu jenis amfibi yang tengah berlabuh di San Diego untuk pemeliharaan rutin.

Kepulan asap pekat menyelimuti kapal perang sepanjang 257 meter itu selama beberapa jam. Separuh lusin kapal pemadam dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di kapal tersebut.

Pihak Angkatan Laut AS dalam pernyataannya menyebut 17 pelaut dan empat warga sipil telah dilarikan ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan perawatan medis atas luka-luka mereka yang tidak membahayakan nyawa.

Menurut Angkatan Laut AS, seluruh orang yang ada di dalam kapal perang itu saat kebakaran terjadi -- sekitar 160 personel -- telah dievakuasi. Kapal perang itu secara normal bisa mengangkut 1.000 personel.

Juru bicara Angkatan Laut AS di Pentagon, Laksamana Muda Charles Brown, menyatakan bahwa para korban luka kebanyakan mengalami luka bakar ringan dan terlalu banyak menghirup asap kebakaran.

Pada Minggu (12/7) siang, Departemen Pemadam Kebakaran San Diego menyatakan seluruh personelnya telah diminta keluar dari dermaga. Tayangan video dari udara menunjukkan kobaran api masih menyala.

Tonton video 'Kebakaran Kapal Angkatan Laut AS, 18 Orang Terluka':

Selanjutnya
Halaman
1 2