Kasus Corona Melonjak di Korsel, Social Distancing Diperketat Lagi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 16:33 WIB
Pekerja di Korea Selatan memakai masker untuk mencegah Corona (AP Photo)
Foto: Pekerja di Korea Selatan memakai masker untuk mencegah Corona (AP Photo)
Seoul -

Korea Selatan melaporkan 63 kasus baru virus Corona pada Kamis (2/7/2020) waktu setempat, sebagian besar dari penularan domestik di luar Seoul, ibu kota Korsel. Kondisi ini memicu Korsel untuk kembali memperketat kebijakan social distancing atau pembatasan sosial.

Seperti dilansir dari Reuters, Jumat (3/7) Korsel sempat dipuji karena berhasil mengendalikan wabah COVID-19. Namun, negeri ginseng itu kini telah mengalami wabah Corona yang terus-menerus dalam beberapa pekan terakhir, sebagian besar tersebar di Seoul.

Untuk pertama kalinya usai hampir dua bulan, kasus harian Corona dari kota-kota lain melampaui Seoul. Kota Gwangju di barat daya Korsel telah mencatat lebih dari 50 kasus baru dalam beberapa hari terakhir. Hal ini mendorong penangguhan operasi di fasilitas umum seperti perpustakaan umum dan museum.

"Kota Gwangju segera meningkatkan pedoman jarak sosialnya ke tahap kedua, membatasi pertemuan di dalam ruangan menjadi di bawah 50 orang dan pertemuan di luar ruangan di bawah 100 orang," kata Perdana Menteri Chung Sye-kyun dalam sebuah pertemuan, Jumat (3/7).

Otoritas kesehatan Korsel baru-baru ini mengkategorikan aturan jarak sosial dalam tiga tahap - tahap pertama menjadi yang paling tidak intens dan tahap ketiga yang paling sulit, di mana sekolah dan bisnis didesak untuk tutup.

Tonton video 'Penularan Corona di Korsel Semakin Sulit Dilacak':

Selanjutnya
Halaman
1 2