Pria Tak Bersalah Dipenjara Selama 20 Tahun, Polisi Korsel Minta Maaf

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 02 Jul 2020 15:03 WIB
Polisi Korea Selatan minta maaf setelah penjarakan pria tak bersalah atas kasus pembunuhan selama 20 tahun (AFP Photo)
Foto: Polisi Korea Selatan minta maaf setelah penjarakan pria tak bersalah atas kasus pembunuhan selama 20 tahun (AFP Photo)

Bae membungkuk di depan kamera ketika dia meminta maaf kepada keluarga para korban dan mereka yang telah dituduh sebagai tersangka, serta seorang pria yang dinyatakan bersalah atas salah satu pembunuhan hingga menjalani hukuman 20 tahun penjara.

"Saya menundukkan kepala dan meminta maaf kepada para korban kejahatan Lee Chun-jae, keluarga yang selamat dan semua orang yang menderita kerugian karena penyelidikan polisi, termasuk Tuan Yoon," kata Bae.

Lee saat ini menjalani hukuman seumur hidup karena memperkosa dan membunuh saudara iparnya pada tahun 1994, tetapi tidak akan dituntut atas kejahatannya yang lain karena undang-undang pembatasan telah berakhir.

Sementara itu, pengumuman hari Kamis (2/7) mengkonfirmasi bahwa seorang pria bermarga Yoon -- yang dihukum tahun 1989 karena memperkosa dan membunuh seorang gadis remaja di antara para korban Hwaseong -- telah dipenjara secara keliru.

Yoon dibebaskan bersyarat pada tahun 2009 setelah menjalani hukuman 20 tahun penjara, dan mengajukan persidangan ulang tahun lalu setelah polisi mengarahkan penyelidikan mereka ke Lee.

Sebuah laporan menyebutkan setidaknya empat orang menjadi korban salah tangkap pada 1990-an setelah diselidiki - dan diduga disalahgunakan - oleh polisi sebagai tersangka dalam pembunuhan Hwaseong, yang korbannya berusia 14 hingga 71 tahun.

Halaman

(rdp/ita)