Round-Up

Seruan PBB Dunia Kerja Sama Sebab Corona Bikin Tak Bisa Seperti Semula

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 26 Jun 2020 20:01 WIB
Hadapi Krisis Corona, PBB Desak Penangguhan Utang Bagi Negara-Negara Termiskin
Foto: Kantor PBB (DW News)
Jakarta -

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan bahwa Corona membuat keadaan tidak bisa seperti semula. Oleh karena itu, PBB menyerukan agar negara-negara perkuat kerjasama.

Seperti dilansir AFP, Jumat (26/6/2020), Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan hal itu pada malam peringatan ke 75 tahun Piagam PBB. Dia mengatakan dunia sedang bergolak, berjuang dengan virus Corona dan perubahan iklim, serta ketidakadilan rasial yang meluas dan meningkatnya ketidaksetaraan.

"Kita tidak bisa kembali seperti semula dan hanya menciptakan kembali sistem yang telah memperburuk krisis," katanya kepada wartawan.

"Kita benar-benar harus bersatu untuk menata kembali dan menemukan kembali dunia yang kita miliki bersama," ucap Guterres.

"Kita membutuhkan multilateralisme yang efektif yang dapat berfungsi sebagai instrumen tata kelola global di mana diperlukan," tambahnya.

Guterres mengatakan PBB membuktikan mereaksi virus Corona dengan mengirimkan 250 juta item alat pelindung diri (APD) ke lebih dari 130 negara, mendukung pendidikan anak-anak dan kebutuhan keluarga dan pengasuh. Rantai pasokan PBB juga penting dalam memindahkan barang-barang medis di seluruh dunia karena COVID-19 menyebar, kata Guterres.

Serta dukungannya untuk mengembangkan vaksin dan upayanya sendiri pada bulan Maret untuk menghasilkan gencatan senjata di berbagai zona konflik untuk memperlambat penyebaran virus Corona.

Di antara orang-orang di banyak negara, respons terhadap pandemi telah mengikis kepercayaan mereka pada lembaga dunia dan lembaga politik, kata Guterres. Pandemi tersebut telah memunculkan ketidaksetaraan yang parah dan sistemik dan para pemimpin dunia perlu mengakui nilai kerja sama global untuk mengatasi krisis ini dan lainnya, krisis yang tidak dapat diprediksi, katanya.

Tonton video 'Per 26 Juni, Kasus Corona di Indonesia Capai 51.427':

Selanjutnya
Halaman
1 2