Tetap Nihil Corona, Kampung di Payakumbuh Ini Swadaya-Pakai Kearifan Lokal

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 19:48 WIB
Forkopimda Sumbar meninjau Kampung Tangguh di Payakumbuh
Foto: Forkopimda Sumbar meninjau Kampung Tangguh di Payakumbuh (dok. istimewa)
Payakumbuh -

Kampung Kubang Gajah di Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) akan dijadikan percontohan kampung tangguh oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar. Warga kampung ini dinilai mandiri dan tertib dalam hal penerapan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan virus Corona (COVID-19).

"Ketangguhan secara kesehatan dengan warga disiplin, keluar masuk gunakan masker dan cuci tangan di depan posko tanpa harus diberi tahu lagi. Kampung ini zero COVID-19, warga berhasil mencegah COVID-19 masuk kampung. Pengawasan terhadap warga yang ODP dan pendatang dilakukan secara manual dan teknologi. Kampung ini juga menyediakan tim pemulasaraan jenazah dan ada tim pertolongan pertama gangguan psikologi," jelas Kapolres Payakumbuh AKBP Donny Setiawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (18/6/2020).

Doni selanjutnya menjelaskan ketangguhan Kampung Kubang Gajah di sisi ekonomi adalah mandiri tanpa bergantung dari pemerintah. Warga membuat lumbung pangan, taman pangan, dan dapur umum. Warga juga mengumpulkan sumbangan untuk sarana dan prasarana serta kegiatan operasional dalam rangka mencegah masuknya virus Corona.

"Makan warga yang piket berasal dari warga sendiri secara bergantian. Warga juga menyalurkan bantuan sembako untuk warga yang menjalani isolasi mandiri dan yang membutuhkan," kata Donny.

Kemudian dari sisi sosial, warga kampung ini berhasil mendisiplinkan diri untuk mematuhi protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah. Hal itu, lanjut Donny, terbukti dengan nol kasus Corona di kampung ini, meski dalam tingkat kota tercatat ada 3 kasus positif.

"Data terakhir total pasien COVID-19 (di Kota Payakumbuh) yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 17 orang. Dan sisa positif COVID-19 sebanyak 3 orang," sebut Donny.

"Meski dalam situasi pandemi banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan hal itu menjadi potensi terjadinya kejahatan, namun angkat kejahatan menurun. Mereka membuat role model tangguh tanpa bergantung pada pemerintah," imbuh dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3