Tokyo Catat 47 Kasus Corona dalam Sehari, Tertinggi Sejak Akhir Mei

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 11:24 WIB
People walk across the popular
Ilustrasi -- Situasi di Tokyo saat pandemi Corona (AP/Kiichiro Sato)
Tokyo -

Otoritas kota Tokyo di Jepang melaporkan 47 kasus baru virus Corona (COVID-19) dalam sehari. Angka ini tercatat sebagai jumlah kasus harian tertinggi di Tokyo sejak pemerintah Jepang mencabut masa darurat nasional pada akhir Mei.

Seperti dilaporkan televisi lokal Jepang, Asahi dan dilansir Reuters, Senin (15/6/2020), angka itu juga tercatat sebagai yang tertinggi sejak 5 Mei, saat jumlah kasus harian melebihi angka 40 dalam sehari.

Dari 47 kasus baru itu, seperti dilansir media nasional Jepang, NHK, sekitar 18 kasus di antaranya terkait dengan orang-orang bekerja di distrik lampu merah (red-light district) di Shinjuku Ward. Area itu telah menjadi lokasi kemunculan beberapa kasus Corona sebelumnya.

Tujuh kasus lainnya, menurut laporan The Asahi Shimbun, terkait dengan cluster penularan di Rumah Sakit Central Mussashino di Koganei, pinggiran Tokyo.

Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, telah mencabut peringatan 'Tokyo Siaga' yang menyerukan warga untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Corona, pada 11 Juni lalu. Dalam pernyataannya, Gubernur Koike mengklaim bahwa situasinya telah stabil.

Namun tambahan 47 kasus dalam sehari pada Minggu (14/6) waktu setempat, menandai sudah empat hari berturut-turut jumlah kasus baru Corona di Tokyo melebihi angka 20.

Data penghitungan Johns Hopkins University (JHU) melaporkan total 5.548 kasus virus Corona kini terkonfirmasi di wilayah Tokyo.

Menurut data JHU, total kasus virus Corona di Jepang sejauh ini mencapai 17.369 kasus, dengan 927 kematian.

(nvc/ita)