Polisi Miami hingga New York Berlutut Dukung Demo Kematian George Floyd

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 15:36 WIB
Police officers kneel during a rally in Coral Gables, Florida on May 30, 2020 in response to the recent death of George Floyd, an unarmed black man who died while being arrested and pinned to the ground by a Minneapolis police officer. - Clashes broke out and major cities imposed curfews as America began another night of unrest Saturday with angry demonstrators ignoring warnings from President Donald Trump that his government would stop violent protests over police brutality
Untuk menunjukkan solidaritas, para polisi di Miami, Florida berlutut bersama para demonstran yang menggelar aksi memprotes kematian George Floyd (AFP/EVA MARIE UZCATEGUI)
Miami -

Sejumlah personel kepolisian di Miami hingga New York di Amerika Serikat (AS) menunjukkan solidaritas untuk para demonstran yang memprotes kematian George Floyd. Para polisi ini berlutut bersama para demonstran yang sedang melakukan aksinya secara damai.

Seperti dilansir NBC News dan media lokal Miami, WPTV, Senin (1/6/2020), sejumlah polisi di wilayah Miami-Dade County menunjukkan solidaritas mereka dengan berlutut bersama para demonstran yang menggelar aksi protes di area Coral Gables pada Sabtu (30/5) waktu setempat.

Beberapa foto yang dibagikan oleh juru bicara Miami-Dade Corrections, Juan Diasgranados, menunjukkan sejumlah kepala kepolisian dari berbagai wilayah Miami-Dade County berlutut dan berdoa bersama para demonstran. Foto yang dibagikan Diasgranados ini bertolak belakang dengan foto-foto aksi protes di berbagai kota lainnya, yang diwarnai pembakaran mobil, penjarahan dan bentrokan.

"Sebagai para pemimpin profesi ini, kami (para kepala kepolisian dan komunitas kepolisian) harus melakukan lebih baik dalam meningkatkan pelatihan dan protokol kita, agar upaya-upaya kita untuk membangun dan menjaga kepercayaan masyarakat tidak hilang atau dibayangi," ucap Diasgranados dalam pernyataannya seperti dilansir WPTV.

Di New York, sebuah video viral menunjukkan beberapa polisi berlutut bersama demonstran dalam aksi protes yang digelar pada Minggu (31/5) waktu setempat.

Laporan CNN menyebut video itu direkam dalam sebuah aksi protes yang digelar secara damai di kawasan Queens, dekat sebuah kantor polisi setempat. Dalam video itu, terlihat para demonstran bersama-sama berlutut untuk menunjukkan penghormatan bagi Floyd yang meninggal pekan lalu.

Beberapa saat kemudian, seorang pendeta yang ikut dalam aksi itu mengajak para polisi yang ada di lokasi untuk ikut bergabung dan berlutut bersama para demonstran. Ajakan ini disambut baik dengan para polisi di lokasi berlutut di depan para demonstran, yang disambut sorakan meriah.

Gubernur New York, Andrew Cuomo, dan Komisioner Kepolisian New York (NYPD), Dermot Shea, memuji sikap para polisi dalam video yang viral itu. "Ini adalah bagaimana perubahan dimulai," ucap Cuomo via Twitter, sambil me-retweet video yang viral itu.

"Kita perlu lebih banyak hal seperti ini, untuk saling melihat dan mendengar, untuk bekerja bersama, untuk mengakui bahwa perbedaan kita adalah kekuatan kita," ucap Shea dalam tanggapannya via Twitter.

Simak video 'Massa Protes Dekat Gedung Putih Dibubarkan Paksa':

Selanjutnya
Halaman
1 2