Puncak Corona Terlewati, Rusia Akan Gelar Parade Militer 24 Juni

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 17:28 WIB
A Russian Army member, dressed in a historical uniform, takes a selfie as he attends a rehearsal for a military parade to mark the anniversary of a historical parade in 1941, when Soviet soldiers marched towards the front lines at the Red Square in Moscow, Russia November 5, 2017.  REUTERS/Maxim Shemetov
Foto: Ilustrasi parade militer Rusia (Dok. REUTERS/Maxim Shemetov)
Moskow -

Rusia akan menggelar parade militer besar-besaran di Moskow pada 24 Juni mendatang, setelah sempat ditunda akibat pandemi virus Corona (COVID-19). Undangan akan dikirimkan ulang kepada para pemimpin dunia, termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron.

"Undangan akan dikirim ulang ke semua tamu, termasuk Presiden Prancis," kata Alexei Paramonov, kepala departemen Kementerian Eropa kepada kantor berita RIA Novosti, seperti yang dilansir AFP, Kamis (28/5).

Untuk diketahui, Presiden Vladimir Putin pada hari Selasa (26/5) lalu mengumumkan bahwa parade tahunan Hari Kemenangan 9 Mei akan digelar pada bulan Juni. Sedianya acara ini digelar pada Mei lalu, namun ditunda untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Dia mengatakan dimungkinkan untuk menjadwalkan ulang acara tersebut karena Rusia telah melewati puncak pandemi Corona.

Tanggal 24 Juni mendatang adalah 75 tahun setelah parade kemenangan pertama di Lapangan Merah, setelah Jerman menyerah kepada komandan Soviet pada 9 Mei.

Penundaan acara massal itu merupakan pukulan telak bagi Putin, yang berharap mengumpulkan para pemimpin dunia untuk menyaksikan ribuan pasukan berbaris di Lapangan Merah guna merayakan 75 tahun sejak kekalahan Nazi Jerman.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2