Saudi Imbau Salat Id di Rumah, Masjidil Haram-Masjid Nabawi Masih Tutup

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 22 Mei 2020 14:05 WIB
Wabah virus Corona juga meneror kawasan Masjidil Haram. Kakbah sempat dikosongkan pada Kamis (5/3) waktu setempat usai Salat Ashar untuk disterilkan antisipasi penyebaran virus tersebut.
Gambar ilustrasi (Dok. Haramain Info)
Jakarta -

Arab Saudi mengimbau umat muslim untuk menunaikan salat Idul Fitri di rumah saja. Soalnya, pandemi COVID-19 belum reda.

Dilansir DW News dari berita 20 Mei, diakses detikcom, Jumat (22/5/2020), otoritas Saudi telah mengumumkan pengawasan 24 jam untuk mencegah penyebaran COVID-19 sampai 27 Mei. Warga Saudi diizinkan bepergian dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Juga, sejak 7 Mei, kegiatan berkumpul lebih dari empat orang dilarang di Saudi. Bila ada yang melanggar, maka akan ada aksi pendisiplinan.

Kebijakan itu bakal berefek ke tanggal 23 Mei, tanggal Masehi dari perkiraan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1441 Hijriah. Grand Mufti Saudi, Syekh Abdulaziz al-Sheikh menerbitkan maklumat perihal instruksi pelaksanaan salat Idul Fitri di rumah saja, meski biasanya salat Idul Fitri digelar di masjid dengan berjamaah.

"Diperbolehkan untuk menunaikan salat Idul Fitri di rumah dalam kondisi tertentu, sama seperti kondisi pandemi saat ini," kata Syekh Abdulaziz al-Sheikh kepada Saudi Gazette, dilansir DW.

Anggota Komite Tetap Fatwa, Sheikh Abdul Salam Abdullah Al Sulaiman, menjelaskan bahwa salat Idul Fitri bisa ditunaikan secara indivirual (munfarid) maupun berjamaah.

Catat Lagi! Ini Tata Cara Salat Id di Rumah Saja:

Selanjutnya
Halaman
1 2