Round-Up

Upaya China 'Kejar Setoran', 10 Hari Tes Corona 11 Juta Warga Wuhan

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 16 Mei 2020 08:07 WIB
Virus corona: Mungkinkah China mengetes 11 juta warga Wuhan dalam 10 hari saja?
Foto: Ilustrasi (BBC World)
Jakarta -

Wuhan tengah khawatir akan datangnya gelombang kedua Virus Corona baru atau COVID-19. Sebab, sejumlah kasus baru tanpa gejala terus bermunculan ini di Wuhan.

Otoritas kota Wuhan pun bergerak cepat. Mereka menargetkan untuk mengetes 11 juta orang dalam 10 hari. Hingga kini mereka sudah melakukan tes virus Corona itu terhadap 3 juta orang penduduknya.

Seperti dilaporkan kantor berita China, Xinhua News Agency dan dilansir Reuters, Jumat (15/5/2020), kota Wuhan yang menjadi titik nol pandemi Corona ini merencanakan tes asam nukleat (nucleic acid) massal untuk seluruh warganya yang bertujuan untuk menaksir angka kasus tanpa gejala (asymptomatic).

Laporan Xinhua News Agency menyebut kota Wuhan beberapa hari terakhir mengidentifikasi beberapa kasus tanpa gejala setiap hari. Kasus-kasus tanpa gejala merupakan kasus di mana seseorang dinyatakan positif virus Corona, namun tidak menunjukkan gejala-gejala penyakitnya.

Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) melaporkan ada empat kasus baru terkonfirmasi positif Corona dalam 24 jam terakhir. Seluruh kasus baru itu merupakan kasus penularan lokal.

Dalam laporan itu juga, NHC menyebut tambahan kasus baru tanpa gejala menurun ke angka 11 kasus, dari 12 kasus pada sehari sebelumnya. Kasus-kasus tanpa gejala dicatat secara terpisah dan tidak dimasukkan ke dalam data resmi yang dilaporkan NHC setiap harinya.

Simak juga video Langkah AS Mempolitisasi Virus Corona Dinilai Berbahaya:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2