Wuhan Sudah Tes Corona 3 Juta Warga, Targetnya 11 Juta dalam 10 Hari

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 15 Mei 2020 10:51 WIB
A medical worker takes a swab from a resident for the coronavirus test during home visits in Wuhan the epicenter of Chinas coronavirus outbreak in central Chinas Hubei province, Thursday, May 14, 2020. Some residential compounds in Wuhan have begun testing inhabitants for the coronavirus as a program to test everyone in the Chinese city of 11 million people in 10 days got underway. (Chinatopix via AP)
Seorang petugas mengambil swab dari seorang warga kota Wuhan (Chinatopix via AP)
Beijing -

Otoritas kota Wuhan di China menyatakan telah melakukan tes virus Corona (COVID-19) terhadap 3 juta warga, dari total 11 juta jiwa populasinya. Hal ini disampaikan saat kota Wuhan berupaya memeriksa seluruh warganya dalam waktu 10 hari di tengah kekhawatiran munculnya gelombang kedua virus Corona.

Seperti dilaporkan kantor berita China, Xinhua News Agency dan dilansir Reuters, Jumat (15/5/2020), kota Wuhan yang menjadi titik nol pandemi Corona ini merencanakan tes asam nukleat (nucleic acid) massal untuk seluruh warganya yang bertujuan untuk menaksir angka kasus tanpa gejala (asymptomatic).

Laporan Xinhua News Agency menyebut kota Wuhan beberapa hari terakhir mengidentifikasi beberapa kasus tanpa gejala setiap hari. Kasus-kasus tanpa gejala merupakan kasus di mana seseorang dinyatakan positif virus Corona, namun tidak menunjukkan gejala-gejala penyakitnya.

Dalam laporan terbaru pada Jumat (15/5) waktu setempat, Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) mengumumkan adanya empat kasus baru dalam 24 jam terakhir. Seluruh kasus baru itu merupakan kasus penularan lokal.

NHC dalam laporannya juga menyebut tambahan kasus baru yang tanpa gejala menurun ke angka 11 kasus, dari 12 kasus pada sehari sebelumnya. Kasus-kasus tanpa gejala dicatat secara terpisah dan tidak dimasukkan ke dalam data resmi yang dilaporkan NHC setiap harinya.

Total kasus virus Corona di China daratan, menutur NHC, saat ini mencapai 82.933 kasus. Jumlah kematian tidak mengalami pertambahan, yakni masih di angka 4.633 orang.

Wuhan Tes Corona Seluruh Warga dalam 10 Hari:

Misi tes Corona massal dalam waktu 10 hari ini dilakukan setelah muncul enam kasus baru yang berasal dari satu cluster penularan di sebuah kompleks permukiman di Wuhan pada pekan ini. Kasus baru ini muncul setelah Wuhan tidak melaporkan tambahan kasus dalam sebulan terakhir.

Surat kabar lokal, Health News, yang terafiliasi dengan NHC melaporkan bahwa tes Corona massal di Wuhan ini dimaksudkan untuk mencari sumber penularan dan memberikan kepastian bagi dimulainya kembali aktivitas kerja dan penerimaan wisatawan dari Wuhan untuk provinsi-provinsi lainnya.

Menurut surat kabar lokal itu, Wuhan saat ini memiliki kapasitas 100 ribu tes Corona setiap harinya dan ada 63 lembaga yang bisa memproses tes asam nukleat. Jika ingin memenuhi target memeriksa seluruh warga dalam 11 hari, maka diperlukan tes Corona untuk 730 ribu orang setiap harinya. Disebutkan Health News bahwa tes Corona massal ini bisa memakan biaya lebih dari 1 miliar Yuan.

(nvc/ita)