Ilmuwan Sebut Pandemi Berikutnya Bisa Berasal dari Hutan Amazon

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 14:29 WIB
Drone Footage hutan Amazon
Foto: Hutan Amazon (FG Trade/IStock)
Sao Paolo -

Ilmuwan memperingatkan bahwa pandemi berikutnya bisa berasal dari hutan Amazon. Sebabnya, perusakan habitat hewan oleh manusia marak di Amazon yang bisa memicu penyakit zoonosis, seperti virus Corona yang kini merajelala.

Seperti dilansir dari AFP, Kamis (14/5/2020) peringatan ini datang dari ilmuwan ahli ekologi Brasil, David Lapola. Dia mengatakan perambahan manusia terhadap habitat hewan--kemungkinan penyebab dalam wabah virus Corona--melonjak di sana karena deforestasi yang merajalela.

Para peneliti mengatakan urbanisasi daerah yang dulu kawasan hutan liar berkontribusi terhadap munculnya penyakit zoonosis--penyakit yang berpindah dari hewan ke manusia.

Hal ini termasuk yang terjadi pada virus Corona, yang diyakini para ilmuwan berasal dari kelelawar sebelum ditularkan ke manusia di provinsi Hubei yang mengalami urbanisasi, mungkin melalui spesies ketiga.

Pria yang fokus mempelajari bagaimana aktivitas manusia akan membentuk kembali ekosistem hutan tropis di masa depan itu, mengatakan proses yang sama juga berlaku di Amazon. Lapola juga memegang gelar PhD dalam pemodelan sistem bumi dari Max Planck Institutes di Jerman dan bekerja di University of Campinas di Brasil.

"Amazon adalah tempat berkumpulnya banyak virus. Sebaiknya kita tidak mempertaruhkan keberuntungan kita," ungkap Lapola.

Selanjutnya
Halaman
1 2