Klaim Punya Bukti, Trump Yakin Virus Corona Berasal dari Laboratorium di Wuhan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 01 Mei 2020 10:09 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi kasus corona di AS akan berakhir pada bulan Juli. Kok bisa?
Presiden AS Donald Trump (Foto: AP Photo)

Beberapa pekan terakhir ini, Trump memang telah menunjukkan rasa frustrasi yang meningkat terhadap China. Hal itu, lantaran pandemi virus Corona telah menyebabkan puluhan ribu nyawa di Amerika Serikat, hingga memicu kontraksi ekonomi dan mengancam peluangnya untuk terpilih kembali pada November.

Hal itu pun membuat hubungan AS dan China semakin memanas karena bersitegang mengenai asal mula virus Corona. Beijing menyebut militer AS mungkin membawa virus ke China dan Trump mengatakan China gagal memperingatkan dunia akan risiko secara tepat waktu dan transparan.

Sementara, Institut Virologi Wuhan yang didukung negara China sebelumnya telah menampik tuduhan terhadapnya. Pejabat AS lainnya juga meremehkan kemungkinan bahwa virus Corona berasal dari laboratorium China. Kebanyakan ahli juga percaya virus itu berasal dari pasar yang menjual satwa liar di Wuhan dan melompat dari hewan ke manusia.

Sekretaris Negara AS Mike Pompeo pada Kamis (30/4) juga mengatakan tidak diketahui apakah virus tersebut berasal dari laboratorium.

"Kami tidak tahu apakah itu berasal dari Institut Virologi Wuhan. Kami tidak tahu apakah itu berasal dari pasar basah atau tempat lain. Kami tidak tahu jawaban itu, "kata Pompeo dalam sebuah wawancara dengan Newsradio 1040.

selanjutnya
Halaman

(mae/dhn)