Cerita Sedih Para Lansia Prancis Diisolasi di Panti Jompo: Kami Dipenjara

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 23 Apr 2020 17:12 WIB
Seorang lansia, Marguerite Mouille (94), di Panti Jompo Kaisesberg, Timur Perancis saat dikunjungi oleh anaknya.
Foto: Seorang lansia, Marguerite Mouille (94), di Panti Jompo Kaisesberg, Timur Perancis saat dikunjungi oleh anaknya 21 April 2020. (AP)
Paris -

Pemerintah Prancis membuka kembali panti jompo, namun hanya untuk kunjungan terbatas. Panti-panti jompo ini tadinya ditutup untuk melindungi para lansia dari penularan virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir dari Associated Press (AP), Kamis (23/4/2020) pemerintah Prancis kembali membuka rumah-rumah panti jompo yang tadinya ditutup sementara karena virus Corona. Hal ini dilakukan karena para lansia begitu rentan terhadap virus ini.

Sabrina Deliry mengunjungi ibunya, Patricia yang berusia yang berusia 80 tahun di panti jompo, di Paris. Kunjungan pertamanya ini setelah lebih dari enam minggu terpisah. Dia bahkan sudah menyiapkan lagu-lagu favorit mereka.

Ibu dan anak tersebut dipaksa duduk terpisah berjarak 1 meter, tidak bisa berpelukan selama kunjungan setengah jam mereka di taman kecil berpagar di panti. Lalu, kapan Sabrina bisa memeluk ibunya lagi? Belum pasti dan sepertinya tidak dalam waktu dekat.

Sabrina dan Patricia berbicara lewat sambungan beberapa menit setelah mereka mengucapkan selamat tinggal dengan meniupkan ciuman di udara. Patricia berjalan kembali sendirian ke kamarnya dengan kursi roda bermotor.

Patricia mengaku sangat berat ketika harus dijauhkan dari anaknya. Dia menyebut hal itu sebagai sebuah kejahatan.

"Menghentikan kami untuk melihat anak-anak kami adalah kejahatan. Mereka menunggu kami mati sebelum mengirim anak-anak kami kepada kami," ungkapnya. Namun, kunjungan itu, katanya, "membuatnya ingin hidup lagi."

Kendati demikian, Patricia merasa dirinya seperti dalam penjara. "Kami di penjara," kata Patricia.

Simak video Cegah Corona, Remaja Wanita di Polman Bagikan Masker ke Lansia:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3