82.404 Orang Positif Virus Corona, AS Akan Bebaskan Ribuan Napi Lansia

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 09:44 WIB
Jumlah pasien terinfeksi virus corona melonjak pesat di Amerika Serikat. Sejauh ini sebanyak 1.025 orang telah dinyatakan positif corona dan 28 lainnya meninggal dunia.
Ilustrasi (AP PHOTO)
Washington DC -

Jaksa Agung Amerika Serikat (AS) Bill Barr menginstruksikan sejumlah penjara federal di negara itu untuk membebaskan sejumlah narapidana (napi) untuk mengurangi dampak pandemi virus Corona atau Covid-19. Diperkirakan ada sekitar 2 ribu napi berusia lanjut (lansia) yang mungkin segera dibebaskan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (27/3/2020), langkah ini diambil setelah Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Pengungsi, Michelle Bachelet, mendorong negara-negara untuk melindungi para tahanan dan napi di dalam penjara-penjara yang penuh sesak dan di fasilitas-fasilitas tertutup lainnya.

Barr menyatakan dirinya telah mendorong penjara-penjara AS untuk membebaskan napi-napi yang memenuhi syarat.

"Saya telah meminta dan menerbitkan memorandum hari ini kepada sejumlah Biro Penjara untuk meningkatkan penerapan tahanan rumah, berdasarkan sejumlah faktor... khususnya untuk para napi yang berusia lebih tua yang telah menjalani sebagian besar masa hukuman mereka," sebut Barr dalam instruksinya.

Disebutkan Barr bahwa instruksi itu akan fokus pada napi yang tidak dianggap berbahaya dan yang mungkin memiliki penyakit bawaan yang membuat mereka secara khusus rentan terhadap virus Corona. "Kita ingin memastikan bahwa institusi (penjara) kita tidak menjadi cawan petri (bagi virus Corona)," tegas Barr.

Tidak disebutkan secara detail jumlah napi yang akan dibebaskan dari penjara-penjara federal AS. Namun diketahui bahwa instruksi Barr berlaku bagi sekitar 170 ribu napi yang kini ditahan di sistem penjara federal AS, di mana belasan kasus virus Corona telah ditemukan di kalangan napi dan sipir penjara.

Update Global: Corona Infeksi 413.467 Orang di 196 Negara:

Selanjutnya
Halaman
1 2