International Updates

AS Khawatir Penanganan Corona di Indonesia, Iran Batalkan Salat Jumat

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 28 Feb 2020 17:51 WIB
Korban meninggal akibat virus corona di Iran bertambah menjadi 15 orang. Untuk mengantisipasi bertambahnya korban, Iran melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi.
Iran memerangi wabah virus corona (Foto: AP/Ebrahim Noroozi)
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa pada tahap ini, akan menjadi kesalahan fatal bagi negara manapun untuk beranggapan tidak akan terkena virus corona. WHO mengimbau negara-negara bertindak agresif untuk mencegah wabah ini sebelum terlambat.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Jumat (28/2/2020), Direktur Jenderal (Dirjen) WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam pernyataan terbaru menyatakan bahwa negara-negara kaya yang berpikir mereka aman dari virus ini, seharusnya memperkirakan adanya kejutan.

Selain berita tersebut, berikut berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom hari ini:

- Diplomat AS Sampaikan Kekhawatiran Soal Penanganan Virus Corona di Indonesia

Para diplomat Amerika Serikat telah menyampaikan kekhawatiran kepada pejabat-pejabat tinggi pemerintah Indonesia mengenai penanganan Indonesia terhadap wabah virus corona. Mereka mengingatkan pentingnya untuk lebih sering melakukan pengujian virus mematikan itu.

Sumber diplomatik AS seperti dilansir media Australia, Sydney Morning Herald (SMH), Jumat (28/2/2020), mengungkapkan bahwa para duta besar dari sejumlah negara barat -- termasuk Dubes AS untuk Indonesia, Joseph Donovan yang belum lama ini selesai bertugas -- telah menyampaikan kekhawatiran mereka kepada Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto dan pejabat-pejabat senior lainnya.

Menurut sumber tersebut seperti diberitakan SMH, sejumlah poin pembicaraan mengenai wabah corona telah beredar di kalangan komunitas diplomatik di Jakarta. Poin-poin tersebut diedarkan oleh para pejabat AS, yang dimaksudkan untuk memastikan para diplomat asing menyampaikan pesan mengenai perlunya Indonesia melakukan lebih banyak upaya untuk mempersiapkan dan melindungi diri dari coronavirus, dalam pertemuan tertutup dengan pejabat-pejabat Kesehatan RI.



- Wabah Virus Corona Merajalela, Iran Batalkan Salat Jumat di 23 Kota

Otoritas Iran memutuskan untuk membatalkan salat Jumat di puluhan kota, termasuk ibu kota Teheran. Pembatalan ini diumumkan di tengah semakin merebaknya wabah virus corona di negara tersebut.

Seperti dilansir Press TV, Jumat (28/2/2020), Dewan Pembuat Kebijakan Salat Jumat Iran dalam pernyataannya mengumumkan pembatalan salat Jumat di sedikitnya 23 kota, termasuk Teheran, Qom -- yang menjadi pusat wabah virus corona, Mashhad dan sejumlah wilayah lainnya.

Disebutkan Dewan Pembuat Kebijakan bahwa ibadah salat Jumat tidak akan digelar di beberapa kota yang telah ditetapkan sebagai 'titik-titik' sensitif oleh para Gubernur dan dekan universitas medis setempat melalui pernyataan-pernyataan tertulis.



- WHO: Kesalahan Fatal Jika Ada Negara Mengira Bisa Bebas Virus Corona

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa pada tahap ini, akan menjadi kesalahan fatal bagi negara manapun untuk beranggapan tidak akan terkena virus corona. WHO mengimbau negara-negara bertindak agresif untuk mencegah wabah ini sebelum terlambat.

Selanjutnya
Halaman
1 2