Jadi Capres Favorit Demokrat, Joe Biden Cuma Peringkat 4 di Kaukus Iowa

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 14:39 WIB
Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden speaks at a campaign event, Wednesday, Feb. 5, 2020, in Somersworth, N.H. (AP Photo/Elise Amendola)
Joe Biden (AP Photo/Elise Amendola)

Jika hasil akhirnya nanti tidak banyak berubah, maka ini akan menjadi kinerja mengecewakan bagi Biden yang untuk ketiga kalinya mencalonkan diri dalam pilpres AS. Diketahui bahwa Biden kalah saat ikut pencalonan capres Partai Demokrat tahun 1988 dan 2008 lalu.

Sejak mengumumkan pencalonannya, Biden secara konsisten menempati peringkat atas dalam polling nasional untuk kandidat capres dari Partai Demokrat. Kebanyakan survei juga menyebut Biden memiliki kesempatan terbaik untuk menghadapi Presiden AS Donald Trump dalam pilpres November mendatang. Namun mantan Senator Delaware ini gagal menggalang banyak dana serta gagal menggalang level antusiasme yang sama tinggi dengan rival-rivalnya.

Dalam pernyataan saat sesi kampanye di New Hampshire pada Rabu (5/2), Biden yang kini berusia 77 tahun ini mengakui hasil kaukus Iowa tidak sesuai harapan.

"Saya tidak akan menutupinya. Kita mendapat pukulan keras di Iowa," ucap Biden di hadapan pendukungnya.

Namun Biden berjanji akan memperjuangkan pencalonannya ini, terutama saat kaukus selanjutnya digelar di New Hampshire pada 11 Februari mendatang.

"Ini bukan pertama kalinya saya tumbang dalam hidup saya," ujarnya. "Saya tidak akan ke mana-mana. Dan saya mengandalkan New Hampshire," imbuh Biden.

Halaman

(nvc/ita)