Jadi Capres Favorit Demokrat, Joe Biden Cuma Peringkat 4 di Kaukus Iowa

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 14:39 WIB
Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden speaks at a campaign event, Wednesday, Feb. 5, 2020, in Somersworth, N.H. (AP Photo/Elise Amendola)
Joe Biden (AP Photo/Elise Amendola)
Iowa -

Pertarungan kandidat calon presiden (capres) dari Partai Demokrat untuk pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) pada November 2020 telah dimulai di negara bagian Iowa. Dalam kaukus Iowa, mantan Wakil Presiden AS, Joe Biden, yang menjadi kandidat favorit hanya menempati peringkat ke-4.

Seperti dilansir CNN dan AFP, Kamis (6/2/2020), kaukus Iowa untuk Partai Demokrat telah digelar pada Senin (4/2) waktu setempat, namun karena ada masalah teknis, hasilnya baru mulai diketahui sejak Rabu (5/2) sore dan berlanjut hingga Kamis (6/2) waktu setempat, atau molor dua hari.

Dengan 97 persen suara telah masuk, posisi pertama ditempati kandidat Pete Buttigieg yang merupakan mantan Wali Kota South Bend di negara bagian Indiana. Buttigieg yang baru berusia 38 tahun ini meraih 26,2 persen suara delegasi.

Kandidat Bernie Sanders, yang merupakan Senator Vermont, mengekor di posisi kedua dengan 26,1 persen suara delegasi. Posisi ketiga ditempati oleh Senator Massachusetts, Elizabeth Warren, dengan 18,2 persen suara delegasi.

Biden yang selama ini selalu unggul dalam berbagai polling, hanya mampu menempati posisi keempat dengan perolehan 15,8 persen suara delegasi. Di bawah Biden ada Senator Minnesota, Amy Klobuchar, dengan 12,2 persen suara delegasi.

Perolehan suara itu belum final karena penghitungan masih terus dilakukan, terutama setelah terjadi gangguan teknis terhadap aplikasi yang digunakan untuk melaporkan hasil kaukus Iowa tersebut.

Simak Video "FBI Menyelidiki (Lagi) Keterlibatan Rusia di Pilpres AS"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2