Malam Tahun Baru, Polisi AS Harap Times Square Jadi Tempat Teraman di Bumi

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 18:24 WIB
Ilustrasi -- Perayaan pergantian tahun yang meriah di Times Square (AP Photo/Adam Hunger, File)
New York - Czar pemberantasan terorisme kota New York, Amerika Serikat (AS), mengharapkan agar Times Square menjadi 'tempat teraman di planet Bumi' saat malam Tahun Baru. Times Square diketahui selalu menjadi pusat perayaan pergantian tahun besar-besaran setiap tahunnya.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (31/12/2019), serentetan pengamanan dilakukan kepolisian AS, khususnya Kepolisian New York atau NYPD. Ribuan personel kepolisian akan dikerahkan untuk mengamankan pesta pergantian tahun di kawasan Times Square, New York, pada Selasa (31/12) malam waktu AS.

Unit khusus bersenjatakan senapan laras panjang dan dilengkapi anjing pelacak bom juga ikut ditugaskan.

Untuk pertama kalinya, drone-drone milik kepolisian akan dikerahkan untuk mengawasi perayaan pergantian tahun dari udara. Tahun lalu, hujan deras yang mengguyur kawasan Times Square menunda pengerahan drone polisi.


Prakiraan cuaca untuk malam Tahun Baru pada Selasa (31/12) waktu setempat menyatakan cuaca akan berawan, dengan tidak ada hujan dan tanpa cuaca dingin membekukan seperti dua tahun lalu.

Deputi Komisioner Intelijen dan Pemberantasan Terorisme pada NYPD, John Miller, menyatakan bahwa berbagai peralatan dan teknik pengamanan yang dikerahkan memberikan pihak kepolisian 'banyak kesempatan untuk mendeteksi sesuatu yang mungkin terjadi'.

"Times Square mungkin akan menjadi tempat teraman di planet Bumi saat malam Tahun Baru karena tidak ada pihak lain yang mengerahkan upaya semacam ini ke dalam sebuah acara seperti ini," tegas Miller dalam pernyataannya.
Selanjutnya
Halaman
1 2