Pertama Kali Sejak Dua Abad, Tak Akan Ada Misa Natal di Notre-Dame

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 22 Des 2019 02:51 WIB
Katedral Notre-Dame (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)
Paris - Untuk pertama kalinya sejak tahun 1803, Katedral Notre-Dame tak akan menggelar misa Natal. Hal itu lantaran Notre-Dame masih dalam tahap renovasi paska terbakar hebat delapan bulan lalu.

Dilansir AFP, Sabtu (21/12/2019), Kantor Pers Katedral mengatakan, misa tengah malam tetap akan digelar pada Malam Natal oleh rektor Patrick Chauvet. Namun, misa akan diadakan di gereja terdekat Saint-Germain l'Auxerrois.



Sebelumnya, sepanjang dua abad ini, Notre-Dame tetap terbuka untuk Natal meski ada gejolak, seperti pendudukan Nazi dalam Perang Dunia II. Notre-Dame pernah terpaksa ditutup hanya selama periode revolusioner anti-Katolik di akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19.

Seperti diketahui, Notre-Dame yang merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO di tepi Sungai Seine, rusak karena kebakaran hebat pada 15 April 2019. Akibat kebakaran itu, Notre-Dame kehilangan menara gothic, atap dan banyak artefak berharga.

Presiden Emmanuel Macron telah menetapkan jadwal lima tahun untuk benar-benar memperbaiki struktur yang berusia delapan abad, yang masih diselimuti perancah dengan derek besar yang menjulang di atasnya.

(mae/rfs)