19 Pejabat China Dihukum karena Tutupi Pembunuhan 16 Tahun Lalu

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 17:56 WIB
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi
Beijing - Sebanyak 19 pejabat China dihukum karena menutup-nutupi sebuah pembunuhan. Kasus pembunuhan ini terkuak setelah jasad korban ditemukan terkubur di bawah taman bermain sekolah sekitar 16 tahun setelah hari pembunuhan.

Korban, Deng Shiping tengah mengawasi pembangunan sebuah taman bermain di sekolah menengah di kota Huaihua, provinsi Hunan tengah, tempat dirinya bekerja, ketika dia hilang pada tahun 2003. Selama belasan tahun kasus itu tak pernah terkuak, sampai akhirnya jasad korban ditemukan di taman bermain tersebut pada Juni 2019 lalu.

Deretan pejabat yang dituduh menyembunyikan kejahatan tersebut termasuk polisi-polisi, anggota-anggota komisi Partai Komunis lokal, pejabat-pejabat pemerintah dan staf sekolah. Dua tersangka telah dituntut atas pembunuhan tersebut.



Menurut kantor berita resmi China, Xinhua seperti dilansir AFP, Rabu (27/11/2019), salah satu tersangka, Du Shaoping mendapatkan kontrak untuk membangun taman bermain sekolag tersebut. Deng yang bertugas mengawasi "kualitas pembangunan" proyek tersebut, bersitegang dengan Du.

Putri korban mengatakan pada Beijing News, bahwa Du telah memberikan hadiah dan uang tunai untuk ayahnya, namun Deng menyerahkannya ke staf sekolah tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2