3 Pria AS Bebas Usai 36 Tahun Dibui Atas Pembunuhan yang Tak Dilakukannya

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 18:40 WIB
Andrew Stewart (paling kiri), Alfred Chestnut (dua dari kanan) dan Ransom Watkins (kanan) (Jerry Jackson/The Baltimore Sun via AP)

Mid-Atlantic Innocence Project (MAIP) yang berupaya keras dalam mengamankan pembebasan ketiganya, menyebut empat saksi remaja mengidentifikasi Chestnut, Stewart dan Watkins dalam persidangan, namun kemudian menarik kembali kesaksian mereka.

MAIP menyebut bahwa para saksi itu awalnya menyebut satu orang yang melakukan penembakan, namun mereka mengidentifikasi ketiga terdakwa sebagai pelaku penyerangan di bawah tekanan polisi.

Chestnut sempat terlihat memakai jaket Georgetown University usai Duckett tewas, namun ibunda Chestnut mampu menunjukkan bukti pembelian jaket yang populer yang di kalangan tim basket setempat.


Pembebasan tiga pria ini menindaklanjuti penyelidikan gabungan yang dilakukan oleh Unit Integritas Hukuman Kejaksaan Baltimore, MAIP dan sejumlah kelompok lainnya.

"Semua orang terlibat dalam kasus ini -- pejabat sekolah, polisi, jaksa, juri, media dan masyarakat -- terburu-buru menghakimi dan membiarkan sudut pandang mereka kabur terhadap persoalan jelas pada bukti yang ada," sebut Direktur Eksekutif MAIP, Shawn Armbrust.

Halaman

(nvc/dhn)