3 Pria AS Bebas Usai 36 Tahun Dibui Atas Pembunuhan yang Tak Dilakukannya

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 18:40 WIB
Andrew Stewart (paling kiri), Alfred Chestnut (dua dari kanan) dan Ransom Watkins (kanan) (Jerry Jackson/The Baltimore Sun via AP)
Baltimore - Tiga pria di Baltimore, Amerika Serikat (AS), dibebaskan setelah mendekam selama 36 tahun di dalam penjara atas kasus pembunuhan yang tidak mereka lakukan. Ketiganya dihukum penjara seumur hidup karena dinyatakan bersalah menembak mati seorang remaja gara-gara sebuah jaket tahun 1983 silam.

Seperti dilansir AFP, Selasa (26/11/2019), Alfred Chestnut, Andrew Stewart dan Ransom Watkins divonis penjara seumur hidup karena menembak mati DeWitt Duckett, yang saat itu berusia 14 tahun dan merupakan siswa Harlem Park Junior High School di West Baltimore.


Duckett ditembak di leher di dalam sekolahnya dan jaket Georgetown University miliknya dicuri. Insiden ini merupakan penembakan mematikan pertama terhadap seorang siswa di sekolah umum Baltimore dan menarik perhatian besar media massa saat itu.

"Tiga pria ini dinyatakan bersalah, sebagai anak-anak, karena kesalahan polisi dan kejaksaan," ucap jaksa wilayah Baltimore, Marilyn Mosby, usai ketiganya dibebaskan secara resmi oleh hakim setempat dan dilepaskan dari penjara.

"Apa yang dilakukan oleh otoritas negara bagian, kantor saya, kepada mereka adalah salah. Mereka layak mendapatkan lebih banyak dari sekadar permintaan maaf. Kita berhutang kompensasi sesungguhnya kepada mereka -- dan saya berniat untuk memperjuangkan itu," imbuhnya.


Dalam pernyataan terpisah, kantor jaksa negara bagian Maryland menyatakan bahwa 'para detektif menargetkan tiga pria, yang saat itu semuanya remaja kulit hitam berusia 16 tahun, dengan menggunakan pembinaan dan pemaksaan saksi-saksi remaja lainnya untuk memperkuat kasus itu'.
Selanjutnya
Halaman
1 2