Pemberontak Houthi Membajak Sebuah Kapal di Laut Merah

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 13:03 WIB
Ilustrasi -- Pemberontak Houthi di Yaman (Al Masirah/Houthi Military Media Center/Reuters TV via REUTERS)

Namun menurut situs pelacakan kapal, Marine Traffic, pelabuhan asal kapal Rabigh-3 itu berada di kota Jeddah, Saudi bagian barat. Disebutkan juga bahwa kapal itu berlayar di bawah bendera Saudi.

Kepala Komisi Revolusioner pada Houthi, Mohammed al-Huthi, mengakui bahwa kelompoknya menyita sebuah kapal yang memasuki wilayah Yaman. Dia menyebutnya sebagai 'kasus mencurigakan' di pantai Yaman.

"Penjaga pantai Yaman sedang menjalankan tugasnya untuk mencari tahu apakah kapal itu... milik penindas (Saudi-red) atau milik Korea Selatan. Jika itu milik Korea Selatan, kapal itu akan dilepaskan setelah menjalani prosedur hukum... kami memastikan semua orang untuk tidak khawatir soal awaknya," ucapnya.


Kabar soal pembajakan kapal ini mencuat saat Saeed kembali ke kota Aden untuk pertama kalinya pada Senin (18/11) waktu setempat, sejak diusir oleh kelompok separatis pada Agustus lalu. Diketahui bahwa kota Aden menjadi pusat pemerintahan Yaman setelah Houthi menduduki Sanaa sejak tahun 2014 lalu.

Kembalinya Saeed ke Aden ini menyusul kesepakatan dengan Houthi yang dimediasi Saudi pada November lalu, yang dipandang para pengamat bisa membuka jalan menuju kesepakatan perdamaian lebih luas di Yaman. Houthi telah bertempur melawan pasukan pemerintah Yaman dan sekutu-sekutunya termasuk Saudi selama empat tahun terakhir.
Halaman

(nvc/jbr)