Mahasiswa Tembak Mati 1 Orang dan Lukai 3 Lainnya di Kampus Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 14 Nov 2019 17:07 WIB
Para mahasiswa di kampus Rusia dievakuasi setelah penembakan terjadi (Vera Kulikova via AP)
Para mahasiswa di kampus Rusia dievakuasi setelah penembakan terjadi (Vera Kulikova via AP)
Moskow - Seorang mahasiswa di Rusia menembaki teman-teman sekampusnya, lalu menembak dirinya sendiri. Sedikitnya satu orang tewas dan tiga orang lainnya luka-luka dalam insiden ini.

Seperti dilansir AFP, Kamis (14/11/2019), mahasiswa berusia 19 tahun yang tidak disebut namanya ini merupakan mahasiswa di sebuah kampus konstruksi di kota Blagoveshchensk, Timur Jauh, Rusia. Insiden penembakan dan aksi bunuh diri ini terjadi pada Kamis (14/11) pagi waktu setempat.

"(Mahasiswa itu) Membunuh seorang teman sekelasnya dan melukai tiga orang lainnya menggunakan sebuah senapan yang terdaftar atas namanya," demikian pernyataan Komisi Investigatif untuk wilayah Amur.


"Saat polisi berupaya menangkapnya, dia menembak dirinya sendiri hingga tewas," imbuh pernyataan penyidik Komisi Investigatif.

Identitas satu korban tewas tidak disebut lebih lanjut. Hanya disebutkan korban tewas berusia 19 tahun dan merupakan teman sekelas pelaku.

Tiga korban luka-luka yang semuanya mahasiswa di kampus yang sama, disebut berusia 17-20 tahun.

Laporan media lokal Amur.Indo menyebut bahwa pelaku kemungkinan menggunakan sebuah shotgun dan melepas tembakan di tengah-tengah kegiatan kuliah yang dihadiri 20 orang. Usai penembakan terjadi, kampus tersebut dikepung mobil polisi. Ruas jalanan di sekitarnya ditutup sementara.

Motif penembakan ini tidak diketahui pasti.

Diketahui bahwa Rusia relatif jarang dilanda kasus penembakan di sekolah maupun universitas, yang diduga karena keamanan yang ketat di fasilitas-fasilitas pendidikan setempat dan sulitnya membeli senjata api secara legal. Pada Oktober lalu, seorang remaja melakukan penembakan di kampusnya di Crimea -- yang dicaplok Rusia, hingga menewaskan 20 orang dan melukai 40 orang lainnya.

(nvc/dhn)