Kongres AS Tuding CEO Boeing Tutupi Fakta Permasalahan 737 MAX

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 05:37 WIB
CEO Boeing Dennis Muilenburg (Foto: MANDEL NGAN / AFP)

Senator AS Roger Wicker, ketua Komite Perdagangan Senat, menanyai Muilenburg tentang keterlambatan perusahaan dalam merilis IM di mana seorang mantan pilot uji menggambarkan perilaku yang tidak menentu dari versi simulator dari perangkat lunak MCAS dan juga menyebutkan regulator 'Jedi-mind tricking' atas persyaratan pelatihan.

Wicker mengatakan bahwa pesan-pesan itu mengungkapkan tingkat kecelakaan dan kesederhanaan yang mengganggu. FAA menuntut pengamanan baru yang signifikan untuk MCAS sebelum pesawat bisa terbang lagi.
Dalam sambutan pembukaannya, Muilenburg memimpin komite melalui peningkatan perangkat lunak untuk membatasi otoritas sistem pencegahan kios yang telah dikaitkan dengan kedua kecelakaan. Dia juga mencatat perubahan di perusahaan dan dewan direksi untuk meningkatkan pengawasan keselamatan dan transparansi.

Selama satu pertukaran yang sangat tegang, Senator Maria Cantwell dari Washington menanyai Muilenburg dan Wakil Presiden untuk Pesawat Komersial Boeing John Hamilton atas tingkat pengujian pada MCAS. Cantwell bertanya kepada Hamilton apakah Boeing salah untuk tidak menguji mode kegagalan yang mirip dengan skenario yang dihadapi oleh pilot dalam tabrakan.

"Kalau dipikir-pikir, senator, ya," kata Hamilton. Baik dia dan Muilenburg, bagaimanapun, menunjukkan pengujian ekstensif oleh para insinyur dan pilot selama proses sertifikasi yang berlangsung bertahun-tahun.

Muilenburg juga mengakui kesalahan pada implementasi itu karena gagal memberi tahu FAA selama 13 bulan bahwa mereka secara tidak sengaja membuat apa yang disebut sebagai 'angle of attack disagree alert' opsional pada 737 MAX, alih-alih standar seperti pada 737 sebelumnya. Perusahaan bersikeras tampilan yang hilang tidak mewakili risiko keselamatan.

"Salah satu hal yang kami pelajari ... adalah kami perlu memberikan informasi tambahan tentang MCAS kepada pilot," kata Muilenburg.

Senator Richard Blumenthal dari Connecticut menyebut 737 MAX sebagai 'peti mati terbang'. Ditanya sebelum sidang apakah dia akan mengundurkan diri, Muilenburg mengatakan hal itu bukan merupakan fokusnya.

"Dua kecelakaan ini terjadi di bawah pengawasan saya dan saya memiliki rasa tanggung jawab yang besar," kata Muilenburg, yang kehilangan gelarnya sebagai ketua dewan Boeing oleh dewan awal bulan ini.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4