detikNews
2019/09/27 14:53:09 WIB

Kasihan! Gajah Kerdil Mati Terikat ke Pohon dengan Luka Tembak

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kasihan! Gajah Kerdil Mati Terikat ke Pohon dengan Luka Tembak Ilustrasi (AFP Photo/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT)
Kuala Lumpur - Seekor gajah kerdil ditemukan terikat ke sebuah pohon dalam kondisi mati di sebuah sungai di wilayah Kota Kinabalu, Malaysia. Terdapat bekas luka tembakan pada tubuh gajah kerdil ini.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Jumat (27/9/2019), bangkai gajah kerdil itu ditemukan oleh sekelompok pemancing di Sungai Udin, Dumpas, Tawau, Kota Kinabalu pada Rabu (25/9) waktu setempat. Gajah kerdil betina itu diyakini mati ditembak setelah sebuah lubang besar di bagian punggungnya.


Direktur Departemen Satwa Liar Sabah, Augustine Tuuga, menyatakan pihaknya mengetahui bahwa foto-foto bangkai gajah itu telah beredar luas di media sosial. Ditegaskan Augustine bahwa bangkai gajah kerdil itu akan diautopsi lebih lanjut oleh tim forensik.

"Setelah kami menerima foto-foto dan teks-teks terusan soal temuan itu, kami mengerahkan personel kami ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan," sebut Augustine dalam pernyataannya.


"Sebuah tim yang terdiri dari dokter hewan dan pakar forensik binatang juga dikerahkan ke sana untuk membantu penyelidikan," imbuhnya.

Augustine menuturkan bahwa pemeriksaan awal menunjukkan gajah yang mati itu merupakan gajah kerdil betina yang berusia remaja. "Soal usia dan kapan gajah itu mati, kami perlu melakukan post-mortem," sebutnya.

Bangkai gajah itu ditemukan di tengah sungai dan terikat ke pohonBangkai gajah itu ditemukan di tengah sungai dan terikat ke pohon Foto: NSTP/Courtesy of NSTP reader

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com