detikNews
2019/09/02 13:50:31 WIB

Ratusan Mahasiswa dan Pelajar di Hong Kong Bolos Demi Ikut Aksi Demo

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ratusan Mahasiswa dan Pelajar di Hong Kong Bolos Demi Ikut Aksi Demo Para siswa sekolah menengah di Hong Kong membolos demi ikut unjuk rasa (AP Photo)
Hong Kong - Ratusan mahasiswa dan siswa sekolah menengah di Hong Kong nekat membolos demi ikut dalam unjuk rasa antipemerintah pada Senin (2/9) waktu setempat. Sebagian menggelar aksi di luar kampus dan sekolah masing-masing.

Seperti dilansir Reuters, Senin (2/9/2019), ratusan mahasiswa berkumpul di luar Chinese University of Hong Kong, salah satu universitas terbesar di kota tersebut, secara bergiliran memberikan pidato dari panggung dengan backdrop warna hitam dengan tulisan berbunyi 'Students in Unity Boycott for our City'.

"Saya datang ke sini untuk memberitahu yang lain bahwa setelah liburan musim panas berakhir, kita tidak kembali pada kehidupan normal kita, kita harus terus berjuang untuk Hong Kong," ucap salah satu mahasiswa berusia 19 tahun yang minta disebut sebagai Chan.

"Aksi protes ini membangunkan saya untuk lebih peduli soal masyarakat dan peduli pada mereka yang tanpa suara," imbuhnya.


Foto-foto yang diposting ke media sosial menunjukkan barisan siswa sekolah menengah yang masih remaja berjajar di luar sekolah mereka sambil membawa poster bertuliskan tuntutan demonstran antipemerintah.

Aksi semacam ini digelar saat kegiatan perkuliahan dan belajar-mengajar baru dimulai pada Senin (2/9) waktu setempat usai liburan musim panas. Para mahasiswa dan siswa memboikot aktivitas perkuliahan dan kegiatan belajar mengajar demi ikut demo.

Kepala Sekretaris Pemerintah Hong Kong, Matthew Cheung, menegaskan kepada wartawan setempat bahwa sekolah bukan tempat untuk berunjuk rasa.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com